Supply Chain Management: Definisi, dan Manfaatnya

August 7, 2024

sample
Share Article

Kesuksesan dalam sebuah bisnis, tentunya tidak dapat berjalan dengan sendirinya. Dalam mencapai goals tersebut, membutuh serangkaian aktifitas yang dapat menghubungkan berbagai hal mulai dari perencaan, pengadaan, produk, dan lain sebagainya.

Dalam meningkatkan efisiensi dan pengehematan biaya, maka serangkaian aktifitas tersebut dapat diintegrasikan dengan berbagai fungsi melalui pendekatan Supply Chain Management (SCM). Dengan SCM ini maka akan mempermudah dalam mengelola aliran barang, informasi dan jasa dari distibutor bahan baku hingga pelanggan akhir.

Agar, Anda mengetahui tentang apa itu Supply Chain Menagement (SCM)?. Anda dapat membaca artikel ini, yang akan membahas tentang SCM meliputi definisi, manfaat, komponen, dan cara kerjanya. Yuk simak selengkapnya.

Pengertian Supply Chain Management

Manajemen rantai pemasok atau yang lebih dikenal supply chain management adalah sebuah pendekatan yang strategis dalam mengelola berbagai fungsi dalam bisnis seperti aliran produk, informasi, dan jasa dari pemasok hingga konsumen akhir.

Supply Chain Management (SCM) ini secara umum melibatkan serangkaian aktifitas yang melibatkan perencanaan, pengaturan, hingga penjadwalan aliran produk dari distributor ke konsumen.

Jika melihat pada definisi seorang ahli James A dan Mona J Fitzsimsons, maka supply chain management dapat didefinisikan tentang proses aktifitas yang menggunakan teknologi informasi dalam mengatur pihak yang terlibat dari proses pengelolaan bahan baku hingga bahan jadi. Selain itu juga digunakan dalam pencatatan pengiriman produk/jasa kepada konsumen.

Penggunaan SCM ini sangat penting dalam mengoordinasikan berbagai proses bisnis. Sehingga nantinya jika SCM ini efektif akan membantu untuk meningkatkan efisiensi dan efektfitas proses bisnis mulai dari produksi, pengadaan, pengiriman, dan distribusi serta pengoptimalan biasa dan waktu.

Manfaat Supply Chain Management

Supply chain management adalah serangakaian aktifitas yang meliputi perencanaan, pengelolaan, dan aktivitas produk. Dari aktifitas tersebutlah SCM dapat menawarkan berbagai manfaat yang signifikan untuk bisnis Anda. Berikut adalah manfaat Supply Chain Management (SCM):

1. Meningkatkan Kepuasan Konsumen

Salah satu kunci sukses dalam bisnis adalah dapat memberi kepuasan terhadap pelanggan. Terlebih lagi dengan proses pengintegrasian ini, maka segala proses yang dilalu menjadi transparant. Dengan kata lain pengunaan SCM ini akan dapat memberikan kepastian akan produk yang tersedia sesuai dengan waktu yang dijanjikan. Dari hal itulah yang memnungkinkan menjadi salah satu cara dalam pengingkatan kepuasan konsumen.

2. Meningkatkan Pendapatan

Dengan adanya SCM ini, akan mengefiseinsikan segala proses dalam produksi hingga pengiriman menjadi lebih baik. Dengan kata lain, jika perusahaan memiliki pengelolaan yang baik maka kepuasan pelanggan akan juga meningkat. Maka dari dengan pelangan yang puasa akan dapat meningkatkan kesetiaan orang dalam mengunakan produk dan jasa. Sehingga nantinya produk/jasa yang dihasilkan dapat selalu digunakan oleh konsumen. Itu artinya juga akan memberikan peningkatan dalam penjualan.

3. Menghemat Budget

Penggunaan supply chain management ini dapat membantu perusahaan untuk mengurangi pengeluaran seminimal mungkin. Hal ini, dikarnakan perusahaan telah mengoptimalkan sistem mulai dari produksi, pengiriman, dan penyimpanan barang.

4. Mengembangkan Perusahaan

Dengan memaksimalkan penggunaan SCM ini, maka perusahaan dapat terbantu dalam mengidentifikasi dan mengelola resiko yang terjadi dalam serangakaian aktifitas. Dengan demikian, perusahaan telah siang dalam ancaman yang tak terduga. Dari sistem inilah yang dapat menjadi salah satu cara mengembangkan perusahaan.

5. Membuat Kolaborasi

Dengan penerapan software SCM yang tepat maka mendorong kolaborasi yang lebih baik antara distibutor, produsen, dan pengecer. Dari hal inilah yang dapat meningkatkan hubungan yang lebih kuat dan saling menguntungkan dari berbagai macam pihak yang terlibat dalam kolaborasi ini.

Komponen Supply Chain Management

Berikut adalah komponen yang ada supply chain management dalam memastikan aliran produk dan informasi yang efisien:

1. Perancanaan (Plan)

Salah satu komponen dalam supply chain management ini adalah melibatkan perencanaan yang matang. Dengan mengunakan perencanaan ini maka akan memungkinkan dapat mempermudah agar tercapainya suatu goal.

2. Pengadaan (Source)

Pemilihan bahan baku dalam proses produksi dilakukan secara lebih kredibel. Dalam hal ini peran SCM ini sangatlah penting dalam menetapkan harga, mengelola pengiriman, ataupun dalam menjaga hubungan bisnis dengan supplier.

3. Produksi (Make)

Setelah pemilihan bahan baku, pada komponen selanjutnya yaitu mengubahnya menjadi suatu produk atau jasa. Dalam proses produksi inilah yang dapat mencakup segala aktifitas terkait. Maka agar dapat mengurangi biaya, peran supply chain management inilah yang dapat membantu dalam mengefisiensikan produksi dan meningkatkan kualitas produk.

4. Pengiriman (Deliver)

Komponen selanjutnya yang melibatkan proses penyaluran dari produk jadi kepelanggan. Dalam hal ini, supply chain management diguinakan sebagai proses quality contol. Hal ini berguna untuk memastikan produk dapat sampai kepelanggan tepat waktu dengan kondisi yang baik juga.

5. Pengembalian (Return)

Jika produk/jasa yang diterima tidak sesuai, maka supply chain management inilah yang digunakan dalam menangani keluhan pelanggan. Selain itu juga untuk melakukan pengelolan ke logistik serta memproses pengembalian produk untuk penukaran.

Jadi supply chain management (SCM) adalah suatu pendekatan yang digunakan dalam mengelola aliran produk, informasi, jasa dari distributor hingga pengecer. Dengan adanya SCM inilah perusahaan akan dipermudah dalam memastikan produk/jasa dapat tersedia tepat waktu dengan biaya yang optimal.

Dengan pemanfaatan software inilah, SCM dapat memungkinkan untuk memberi trasparasi di setiap komponen yang berkerja seperti: Perencaan, pengadaan, pembuatan, pengiriman, dan pengembalian.

Jika Anda ingin mengefisienkan pekerjaan, tak ada salahnya Anda mengunakan aplikasi software supply chain management yang dapat membantu pekerjaan pabrik anda lebih produktif. Salah satu pemanfaatan aplikasi software management ini dapat berupa pengunaan aplikasi ERP (Enterprise Resource Planning), aplikasi IMS (Information Management System), atau bahkan TMS (Transport Management System).

Sebagai perusahaan yang bergerak dibidang software development, Evetech solution menyediakan layanan jasa pembuatan aplikasi & software yang dapat dikustomisasi sesuai dengan kebutuhan Anda.

Segera hubungi team marketing kami, dan dapatkan penawaran lebih lanjut.

You May also like

Let's Create Together!

Ready to boost your digital presence? Contact us to discuss how
Evetech Solution turns your ideas into captivating visual realities that drive results.