Apa Bedanya Mesin Kasir dengan Sistem POS

September 10, 2024

sample
Share Article

Diera sekarang ini, sistem pos dan mesin kasir menjadi penting dalam mendukung proses transaksi. Dengan menggunakan kedua sistem tersebut dapat mempermudah transaksi jual beli. Namun ternyata, penggunaan sistem POS (Point of Sales) dapat mampu membantu dalam pengelolaan inventaris serta pencatatan arus kas secara real-time berkat adanya teknologi modern.

Sistem Pos dan mesin kasir memang terlihat sangatlah mirip. Tetapi, tahukah Anda bahwa sebenarnya kedua sistem tersebut memiliki perbedaan?. Agar dapat menjawab pertanyaan tersebut, Evetech dalam artikel ini akan membahas tentang perbedaan sistem post dengan mesin kasir. Yuk simak selengkapnya!!

1. Teknologi Yang Diterapkan

Salah satu perbedaan yang paling mendasar adalah penggunaan teknologi. Seperti yang diketahui bahwa mesin kasir biasanya hanya dilengkapi teknologi yang mendasar seperti menghitung jumlah transaksi dan mencetak struk.

Namun, berbeda dengan halnya sistem pos yang telah dilengkapi teknologi modern. Hal tersebut memungkinkan bahwa penggunaan sistem POS dapat digunakan dalam memantau transaksi, inventaris, hingga analisis data secara real-time. Terlebih lagi dengan adanya teknologi ini, memungkinkan penggunaan sistem pos lebih fleksibel yaitu dapat digunakan pada perangkat manapun seperti: Komputer, tablet, atau smartphone.

2. Fungsi dari Kedua Sistem

Dengan penggunaan teknologi yang berbeda, maka yang menjadikan fungsi dari kedua sistem tersebut berbeda pula. Jika mesin kasir hanya memiliki fungsi sebatas mempermudah transaksi penjualan sehari-hari seperti penyimpanan uang tunai dan mendata penjualan. Sehingga mesin kasir ini sangat cocok untuk Anda yang sedang merintis usaha bisnis dengan jumlah transaksi yang tidak terlalu besar.

Berbeda dengan halnya jika Anda telah memiliki jumlah transaksi yang besar dan memiliki toko online serta fisik secara bersamaan. Maka sistem pos akan memberikan kemudah Anda dalam mengelola berbagai macam hal mulai dari inventaris, penjualan, hingga menyajikan data secara real time.

3. Fitur-Fitur Yang Disediakan

Perbedaan selanjutnya yaitu dengan fitur yang ditawarkan. Pada umumnya, mesin kasir hanya memiliki fitur-fitur terbatas seperti pencatat transaksi, menaruh uang di laci, hingga membuat laporan sederhana.

Namun berbeda dengan halnya sistem pos, karna telah lengkapi dengan teknologi canggih. Maka, sistem ini memiliki fitur yang menarik seperti adanya timbangan digital, metode pembayaran, dan dapat menyediakan laporan secara real-time.

4. Cara penggunaan

Selanjutnya terdapat pula perbedaan dari cara kerjanya. Penggunaan mesin kasir ini, biasanya cukup sederhana dalam penggunaannya. Terutama dalam membantu transaksi, maka Anda hanya perlu memasukan harga secara manual satu persatu. Sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh customer. Selain itu, Anda juga dapat memindai barcode untuk membantu proses transaksi sehingga nantinya mesin akan menghitung total transaksi dan mengeluarkan nota (struk).

Meski pun cara kerjanya hampir mirip dengan sistem kasir, namun yang membedakan adalah ketika Anda memindai atau menginputnya secara manual. Maka, sistem POS akan secara otomatis menghitung penjualan, mencatat transaksi, hingga memperbarui data stock. Memang terlihat sangat komplek dalam cara kerjanya, namun dengan Point of Sales dapat memberikan kemudahan dalam jangka panjang.

5. Biaya Inventaris

Dari segi biaya inventaris penggunaan kedua sistem tersebut juga memiliki perbedaan. Mesin kasir biasanya memiliki harga yang cenderung lebih murah. Terlebih, mesin kasir ini biasa akan dijual dengan harga yang sama pada pasaran. Selain itu, tidak memerlukan biaya untuk pemeliharaan selanjutnya seperti update software.

Baca Juga: Apa Itu Sistem ERP?: Manfaat dan Cara Kerjanya

Namun jika sistem pos biasanya kita memerlukan biaya inventaris yang lebih tinggi. Teruma dalam menyediakan hardware seperti komputer atau tablet. Serta adanya biaya berlangganan software pos yang dapat sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Meskipun demikian, dengan inventaris yang besar dalam penggunaan sistem pos. Nyatanya dapat memberikan keuntungan bagi pebisnis. Terlebih dalam meningkatkan efisiensi dan manajemen inventaris yang baik.

Jadi, perbedaan mendasar pada sistem pos dan mesin kasir ini dapat ditemukan dari penggunaan teknologi, fungsi yang ditawarkan, fitur-fitur yang disediakan, cara penggunaan, dan biaya inventaris.

Namun, dibalik itu semua nyatanya sistem pos menawar berbagai fitur serta penggunaannya yang fleksibel karena dapat memanfaatkan komputer, tablet, ataupun handphone. Berbeda dengan halnya mesin kasir yang masih tergolong sangat sederhana.

Jika Anda ingin menginginkan proses kebutuhan bisnis yang lebih efisien Anda dapat mempergunakan aplikasi Point of Sales. Dengan adanya sistem ini maka Anda akan diberikan keuntungan untuk dapat mengefisiensikan kebutuhan bisnis menjadi lebih baik.

Sebagai salah satu software house terbaik di Solo, Evetech juga dapat membantu dalam menyediakan jasa pembuatan aplikasi Point of Sales (POS). Eve POS adalah sistem yang dirancang untuk mengelola kebutuhan bisnis dengan satu platform.

Software yang kami rancang ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki industri bisnis kecil dan menengah seperti laundry, restoran, cafe, ataupun bisnis lainnya. Dengan adanya aplikasi Eve POS maka dapat membantu Anda dalam mengefisiensikan tugas operasional harian secara rutin seperti pemesanan, pembayaran, management produk, hingga menghasilkan laporan bisnis harian.

Nah, jadi apakah Anda sudah tertarik untuk merasakan sistem yang dapat membantu memudahkan proses bisnis yang dimiliki?.

Yuk, dapatkan informasi detailnya dengan, hubungi tim marketing kami sekarang juga.

You May also like

Let's Create Together!

Ready to boost your digital presence? Contact us to discuss how
Evetech Solution turns your ideas into captivating visual realities that drive results.