Sistem SAP: Pengertian, Manfaat, dan Cara Kerjanya

August 13, 2024

sample
Share Article

Dikalangan masyarat umum sistem SAP sangatlah asing. Namun dengan pebisnis dengan memiliki banyak karyawan, sistem SAP sangatlah di familiar. Terutama untuk membantu dalam mengatur segala kebutuhan opasional. Dari hal itu lah, aplikasi SAP dapat mendorong efisiensi dan peningkatan produktifitas.

Dengan adanya sistem SAP ini, maka segala aktifitas dapat saling terintegrasi satu dengan yang lain. Tujuan dari data tersebut adalah pengawas dapat melihat sajian data secara realtime.

Untuk lebih jelasnya mengenai Apa itu SAP?, pada artikel ini Evetech Solution akan memberikan pembahasan mengenai sistem SAP meliputi definisi, manfaat, cara kerja, dan Perbedaannya dengan ERP. Yuk simak selengkapnya

Pengertian Sistem SAP

System Applications and Products in Data Processing atau yang dikanal sebagai SAP adalah suatu software yang berbasis ERP (Enterprise Resources Planning) untuk mengelola tugas hariannya dalam bisnis tersebut.

Dengan adanya aplikasi SAP ini, maka perusahaan dapat menyederhanakan segala kegiatan bisnis seperti: management data, keuangan, logistik, dan SDM (Sumber Daya Manusia). Selain itu dengan penggunaan system ini, maka memudahkan setiap departemen dalam mendapat akses informasi yang sesuai dan real-time.

Tak hanya berfokus pada back-office saja, dalam perkembangannya sistem SAP dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan front-office seperti CRM (Customer Relationship Management) dan (SRM) Supplier Relationship Management.

Manfaat Sistem SAP

Sistem SAP adalah pemimpin pasar dalam software ERP dengan memiliki manfaat yang dapat mengefisiensikan produktifitas pada perusahaan. Tak hanya itu, Sistem SAP (System Applications and Products in Data Processing) memiliki manfaat lain seperti:

1. Mengefisiensi Proses Bisnis

Salah satu manfaat yang diperoleh dari penggunaan sistem SAP ini adalah dapat mengefisensikan proses bisnis seperti perencanaan, pencatatan, hingga operasi bisnis. Hal itu dapat terjadi, karena data yang diperlukan pada proses bisnis telah tersedia dan dapat diakses lebih cepat.

2. Meningkatkan Keamanan Data

Manfaat selanjutnya yang didapat ketika pebisnis mengunakan sistem SAP adalah memberikan keamanan data yang tinggi melalui proses backup rutin, sehingga jika nantinya ada kegagalan sistem maka resiko data yang hilang dapat dikurangi. Terutama bagi data-data penting pendukung bisnis yang telah diback up.

3. Menghemat Biaya Operasional

Dengan mengunakan sistem SAP ini mampu untuk menghemat biaya operasional perusahaan. Hal itu karna Aplikasi SAP telah dirancang untuk dapat diintegrasi dengan beberapa departemen memlaui satu jaringan. Dengan tesambung melalui jaringan ini, maka memungkinan data dapat diterima secara langsung dan lebih efisien.

4. Mengurangi Human Error

Tak hanya menghemat biaya operasional, dengan menerapkan sistem SAP ini maka dapat mengurani human error. Terutama dari penginputan data dalam system yang berbeda-beda. Hal ini dikaranakan, data telah menjadi satu data yang didapatkan dari proses pengintegrasian.

5. Memonitoring yang Efektif

Hal terpenting yang dapat ketika mengunakan sistem SAP ini adalah dapat menjadi tempat monitoring dengan baik. Hal ini dikarnakan perusahaan yang mengunakan sistem ini dapat memantau kinerja dan proses bisnis secara lebih efektif.

Cara Kerja Sistem SAP

Sistem SAP (System Application and Product in Data Procesing) adalah sebuah sistem yang memiliki fungsi untuk dapat mengelola berbagai fungsi aktifitas bisnis. Agar Anda mengetahui cara kerjanya, maka Anda bisa melihat dari setiap fungsi modul yang ada pada sistem SAP. Berikut adalah penjelasan singkatnya:

1. Modul Material Management (MM)

Salah satu cara kerja SAP dapat dilihat dari modul material management. Pada modul ini, digunakan untuk mengelola pengadaan dan inventarisasi bahan baku serta produk jadi. Selain ini pada Modul Material Management ini, juga dapat membantu perusahaan mengontrol seluruh proses pembelian, penggelolaan stock dan memantau persediaan secara real-time, sehinggad dapat meningkatkan efisiensikan proses kerja dan mengurangi biaya operasional.

2. Modul Sales and Distribution (SD)

Pada modul selanjutnya yaitu untuk melihat cara kerja SAP dari modul sales development. Dengan adanya modul ini maka, SAP dapat digunakan untuk menangani seluruh aspek terkait penjualan dan distribusi produk seperti pemprosesan pesanan, pengiriman, hingga penagihan. Selain hal itu sistem SAP juga digunakan untuk membantu dalam memastikan proses transkasi penjualan dapat berjalan dengan lancar.

3. Modul Production Planning (PP)

Sistem SAP juga dapat berkerja sebagai perencaan dan mengendalikan proses produksi melalui modul production planning (PP). Dengan adanya modul PP ini maka memungkinkan perusahaan untuk dapat memenuhi kebutuhan permintaan pelanggan dengan tepat waktu dan efisen. Terlebih lagi pada modul ini juga mencakup tentang penjadwalan produksi, managemen kapasitas, dan pelaksanana perintah produksi.

4. Modul Financial Accounting (FI)

Modul berikutnya yang memiliki fungsi dalam mengelola segala aktifitas keuangan perusahaan meliputi pencatatn kas, pajak, hingga pelaporan keuangan. Dengan adanya modul SAP FI ini maka perusahaan dapat menjaga transparasi data keuangan dan memudahkan dalam pelaporan kepada pihak external.

5. Modul Human Capital Management (HCM)

Terdapat juga suatu modul yang berfungsi sebagai management sumber daya manusia mulai dari proses rekrutmen, manajemen kinerja, hingga penggajian. Melalui sistem SAP HCM ini maka dapat membantu perusahaan untuk mengoptimalkan management sejahteraan karyawan,

Perbedaan Sistem SAP dan ERP

Pada dasarnya sistem SAP dan sistem ERP memiliki kesamaan yang dalam penggunaannya. Namun, nyatanya sistem SAP dan sistem ERP berbeda. Berikut adalah perbedaan mendasarnya.

Jika pada sistem SAP adalah sebuah sistem yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan dengan beragam modul yang Anda butuhkan. Namun, Jika pada sistem ERP adalah sebuah software yang dirancang untung memudahkan penggelolaan proses bisnis. Singkatnya, Sistem SAP adalah merk yang menawarkan solusi sistem ERP. Sedangkan sistem ERP adalah konsep sistem yang mengelola seluruh proses bisnis.

Jadi Sistem SAP adalah System Applications and Products in Data Processing yang memiliki fungsi untuk membantu perusahaan dalam mengelola proses bisnis, mulai dari management data, keuangan, logistik, serta SDM (Sumber Daya Manusia).

Tak hanya itu saja, dengan menggunakan sistem SAP ini pebisnis akan dapat menghemat budget dan dapat mengefisiensikan pekerjaan yang ada. Terutama, pada aplikasi SAP ini, Anda sebagai pemilik bisnis dapat memilih apa modul seperti apa yang cocok digunakan dalam sistem SAP nantinya.

Jika Anda ingin mengefisiensikan proses bisnis seperti perencanaan, pemprosesan, dan pengiriman. Namun bingung untuk memilih modul apa yang akan diterapkan pada sistem SAP. Serahkan saja pada Evetech Solution, karna kami memiliki solusi yang cocok untuk mengefisiensikan beragam proses bisnis dengan sistem ERP. Sistem ERP yang kami kembangkan dapat di kustomisasi sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Dapatkan penawaran lebih lanjut tentang sistem ERP dari Evetech Solution dengan menghubungi kami sekarang juga.

You May also like

Let's Create Together!

Ready to boost your digital presence? Contact us to discuss how
Evetech Solution turns your ideas into captivating visual realities that drive results.