Sistem CRM: Pengertian, Manfaat, dan Fiturnya

September 2, 2024

sample
Share Article

Salah satu faktor terpenting dalam berbisnis adalah menjaga hubungan baik dengan customer. Tak hanya itu, pebisnis perlu juga untuk memastikan kepuasaan pelanggan dalam menerima pelayanan. Namun, seringkali hal ini kesulitan dilakukan. Terlebih dengan perusahaan yang sudah cukup besar dan memiliki jumlah pemesanan barang yang selalu meningkat.

Sebagai sarana mempermudah pekerjaan untuk mengelola hubungan baik dengan pelanggan, pebisnis tak jarang memanfaatkan sebuah sistem. Sistem tersebut adalah customer relationship management yang dapat membantu Anda dalam mengelola customer dari bisnis Anda.

Lalu apa itu sebenarnya CRM(customer relationship management) ? Memang bermanfaatkah CRM tersebut bagi sebuah bisnis?. Agar dapat menjawab pertanyaan, Evetech akan membahas tentang customer relationship management ? Meliputi pengertian manfaat, fitur, dan kekurangan dari menggunakan CRM. Yuk simak selengkapnya pada artikel ini!!

Pengertian Customer Relationship Management

Customer relationship management atau yang disingkat CRM adalah sistem yang digunakan dalam mengelola dan menganalisis interaksi dengan pelanggan. Tak hanya itu saja CRM, juga digunakan untuk meningkatkan interaksi dengan calon pelanggan.

Melalui penggunaan manajemen hubungan pelanggan ini maka Anda dapat mengumpulkan informasi pelanggan seperti informasi nama, alamat, nomor telepon, serta apa yang disukai. Dengan data-data tersebutlah, yang memungkinkan untuk meningkatkan engagement pelanggan kepada sebuah brand.

Penggunaan dari CRM yang telah terdigitalisasi maka memungkinkan seseorang untuk dapat mengelola, mengatur, mengotomatisasi serta mengintegrasikan dengan layanan pelanggan.

Manfaat Customer Relationship Management

CRM (Customer Relationship Management) adalah layanan yang dapat saling terintegrasi untuk mempermudah dalam pengelolaan pelanggan. Selain itu, terdapat manfaat lain yang dapat diperoleh pebisnis dengan menggunakan sistem CRM. Berikut adalah manfaat dari penggunaan custome relationship management:

1. Menghemat Budget

Salah satu manfaat yang didapatkan dengan penggunaan CRM ini adalah dapat menghemat biaya operasional dalam melakukan pengelolaan pelanggan. Sebab, dengan adanya sistem ini akan terekam data pelanggan yang memang potensial. Sehingga nantinya akan mempermudah dalam melakukan promosi baik pelanggan baru maupun pelanggan lama.

2. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Melalui layanan CRM ini maka bisnis akan terbantu dalam menjaga pelayanan pelanggan yang relevan, responsif, dan memberikan personalisasi. Dengan layanan pelanggan yang berkualitas inilah maka pebisnis dapat dengan mudah untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.

3. Meningkatkan Penjualan

Selain itu, penggunaan CRM ini juga dapat digunakan dalam meningkatkan penjualan data. Terlebih keseluruhan data akan terdokumentasikan pada sistem, hal ini yang nantinya akan membantu pebisnis dalam mempromosikan produk/jasa ke pelanggan yang potensial.

4. Meningkatkan Komunikasi antar Divisi Lain

Manfaat selanjutnya dengan menggunakan CRM ini maka bisnis akan terbantu dalam mengintegrasikan data yang diperoleh dari divisi satu dengan yang lain. Sehingga data dapat saling dibagikan kepada tim-tim lainya secara realtime. Dari hal tersebutlah, yang nantinya akan mempermudah dalam berkomunikasi antar divisi. Serta menyusun strategi yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

5. Mempermudah Analisa Data

Manfaat yang tak kalah penting dengan penggunaan CRM ini adalah dapat mempermudah analisa data. Terlebih dengan penggunaan CRM ini maka data pelanggan akan terpusat pada satu platform. Sehingga nantinya jika Anda sebagai pemilik bisnis ingin melakukan pengembangan bisnis sesuai dengan data dapat menariknya melalui satu tempat saja.

Fitur Customer Relationship Management

Dalam membantu pertumbuhan bisnis Anda CRM menawarkan berbagai macam fitur. Berikut adalah fitur CRM yang dibutuhkan oleh pebisnis:

1. Fitur Manajemen Kontak

Salah satu fitur yang dapat dimanfaatkan adalah manajemen kontak yang nantinya akan mempermudah anda dalam mengumpulkan data sehingga dapat mendukung strategi pemasaran dengan hasil dari database tersebut.

2. Fitur Laporan

Dengan adanya fitur ini, maka CRM akan menyajikan data yang secara realtime sehingga nantinya dapat digunakan untuk kebutuhan laporan berdasarkan aktivitas pemasaran, data pelanggan, sehingga mengetahui trend pelanggan

3. Fitur Layanan Pelanggan

Penggunaan CRM juga dapat membantu dalam meningkatkan kepuasan pelanggan. Terlebih dengan adanya fitur CRM ini pebisnis akan lebih mudah dalam menangani keluhan serta menjawab pertanyaan pelanggan secara lebih cepat. Tak hanya itu saja, jika keluhan dari pelanggan sangat berat maka, sistem akan memberikan layanan tiket yang nantinya dapat dilacak kembali.

4. Fitur Integrasi

CRM pada era sekarang ini, tentunya akan mempermudah pengerjaan. Terlebih melalui CRM ini maka Anda dapat mengintegrasikan seluruh layanan pelanggan termasuk pembelian ke dalam satu sistem yang terintegrasi. Dari hal tersebutlah yang nantinya, pebisnis dapat melihat informasi dan sejarah bagaimana mereka berkomunikasi dengan customer service. Sehingga nantinya akan dapat mendukung dalam pemberian layanan.

Jadi, Customer Relationship Management (CRM) adalah sebuah alat di kembangkan untuk mempermudah pebisnis dalam mengelola pelanggan. Pengimplementasian CRM dalam sebuah bisnis tentunya akan membantu dalam peningkatan kepuasan pelanggan dan penjualan.

Tak hanya itu, CRM juga dapat membantu menghemat budget. Terlebih lagi beberapa fitur yang dapat dioptimalkan penggunaannya seperti fitur manajemen kontak, layanan pelanggan, hingga integrasi dengan layanan lain.

Selain CRM, untuk dapat mengembangkan sebuah bisnis yang lebih baik lagi. Anda juga dapat menggunakan sistem ERP (Enterprise Resource Planning) yang dapat membantu proses bisnis lebih optimal.

Terutama jika sistem ERP diintegrasikan dengan berbagai macam modul yang dapat mengefisiensikan proses bisnis seperti akuntansi, keuangan, produksi, hingga layanan pelanggan.

Jika Anda ingin membuat software yang dapat mengotomatisasi proses bisnis. Namun Anda bingung dalam mengembangkannya. Tak ada salahnya Anda menyerahkan pengembangan software tersebut kepada Evetech Solution. Kami menawarkan jasa pembuatan software yang dapat sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Ingin mendapatkan informasi lebih lanjut? Yuk hubungi kami sekarang juga

You May also like

Let's Create Together!

Ready to boost your digital presence? Contact us to discuss how
Evetech Solution turns your ideas into captivating visual realities that drive results.