Mengenal Crud dalam Pengembangan Aplikasi

August 21, 2024

sample
Share Article

Bagi Anda yang tidak memiliki background IT, tentunya asing dengan istilah crud. Istilah ini sangatlah populer dikalangan back end developer. Terutama untuk membangun software yang memiliki database dinamis.

Tak hanya sampai situ, penerapan operasi crud ini akan membantu dalam pembuatan, pengambilan, pembaruan serta menghapus data yang digunakan pada software aplikasi.

Secara umum, penggunaan operasi curd ini di kolaborasikan dengan berbagai aplikasi pengolah data seperti oracle, mySQL, SQL Server dan lain sebagainya. Sehingga nantinya dalam pengembangan aplikasi, akan membuatnya lebih efisien mengelola sistem database (basis data).

Agar Anda dapat mengenal crud lebih dalam lagi, melalui artikel ini Evetech Solution akan membahas secara lebih detail mengenai apa itu crud? Dan bagaimana manfaat dan cara kerjanya? Yuk simak artikel ini.

Pengertian Crud

Create, Read, Update, dan Delete atau yang disingkat CRUD adalah rangkaian dari elemen yang digunakan dalam mengelola data pada pengembangan aplikasi. Pada penggunaan operasi crud ini, memungkinkan aplikasi untuk menambahkan data, membaca data, memperbarui data, hingga menghapus data yang sudah tidak diperlukan kembali.

Selain itu, operasi ini juga digunakan sebagai landasan interaksi dengan database yang nantinya diimplementasikan pada logika backend dalam membangun sebuah aplikasi web, mobile apps, ataubahkan software lainnya yang memerlukan management data.

Jadi, pada dasarnya aplikasi CRUD itu terdiri dari 3 bagian yaitu API (atau server), basis data, dan User Interface (UI).

Penggunaan API yang biasanya terdiri dari kode dan metode, ini bertujuan untuk membantu dalam pengambilan informasi serta menyimpan data. Sementara User Interface (UI) dapat di membantu pengguna untuk berinteraksi dengan aplikasi.

Yang menarik dari dari penggunaan operasi ini dapat dikolaborasikan dengan bahasa pemrograman lain tanpa harus full stack seperti PHP, Python, Java, atau bahkan JavaScript.

Fungsi Crud

Crud adalah keempat elemen yang memiliki fungsionalitas dalam pengembangan aplikasi. Berikut adalah fungsi dari Crud yang dapat Anda pahami:

1. Create

Salah satu fungsinya adalah create. Melalui fungsi ini, memungkinkan untuk menambahkan data pada sistem database. Tak hanya itu saya, namun pada fungsi create ini juga dapat membuat baris baru dalam tabel serta memanggil fungsi lainnya.

Sebagai contohnya: pastinya Anda tidak asing kan dengan membuat akun baru pada media sosial, dengan memberikan informasi seperti nama, alamat email, dan password. Nantinya data yang telah di inputkan akan masuk ke dalam database.

2. Read

Fungsi selanjutnya adalah Read, yang memungkinkan untuk mengambil data atau hanya sekedar melakukan pencarian terhadap data dari sebuah database tertentu. Pada dasarnya operasi read ini memiliki fungsi serupa dengan fungsi search yang dapat ditemukan pada berbagai software.

Sebagai contoh: pasti Anda tidak asingkan untuk melakukan pencarian pada menu search bar dengan memasukan keyword untuk menemukan informasi/data tertentu. Nah, dari keyword yang Anda masukan tadi, sistem akan memfilter sesuai dengan data tertentu.

3. Update

Terdapat pula fungsi update, yang memberikan kemudahan dalam memodifikasi data yang telah ada di dalam database. Namun, untuk memodifikasi data anda memerlukan pengubahan berapa informasi agar dapat mengubah data di sistem database.

Sebagai contoh: ketika Anda ingin mengubah alamat email atau informasi tertentu, maka software database akan menjalankan operasi update sesuai dengan masukan yang terbaru di database.

4. Delete

Fungsi terakhir dari Crud adalah delete, dimana data dapat dihapus dari database, ketika data tersebut sudah tidak digunakan lagi. Perintah delete ini sering kali digunakan saat ingin menghapus sebuah informasi yang tidak diperlukan.

Sebagai contoh: ketika anda sudah tidak ingin bermain media sosial dan Anda ingin menghapus informasi dari media sosial tersebut. Maka software tersebut akan melakukan perintah delete, untuk membantu dalam penghapusan data melalui database.

Kelebihan Crud

Dalam dunia backend, crud menjadi sangatlah penting terutama dalam membangun aplikasi. Berikut adalah kelebihan dari crud:

1. Meningkatkan Performa.

Salah satu kelebihan dari crud adalah dapat meningkatkan performansi. Hal itu karena pengembang dapat mengoptimalkan query dengan basis data sehingga akan menghasilkan sebuah data yang lebih efisien dan cepat.

2. Mendukung banyak bahasa pemrograman

Kelebihan yang selanjutnya, crud dapat diimplementasikan dengan berbagai bahasa pemrograman seperti: Javascript, PHP, SQL, Ajax, Phyton, maupun Java. Selain dengan bahasa pemrograman, operasi ini juga dapat digabungkan dengan menggunakan framework seperti codeigniter dan Laravel.

Memudahkan Untuk Dipelajari

Dengan tampilan antarmuka (UI) yang menarik, membuat crud untuk lebih mudah dipelajari. Terutama dari pegembangan hingga penggunaan akhir.

Cara Kerja Crud

Jika dilihat dari manfaatnya, Crud adalah sebuah perintah yang sangat krusial dalam pembuatan aplikasi. Berikut adalah cara kerja crud sebagai berikut:

Dengan adanya persyaratan sistem, maka memungkinkan siklus dalam crud berbeda. Pada artikel yang ditulis stackify menjelaskan bahwa, pelanggan dapat menggunakan crud dengan membuat sebuah akun, sehingga nantinya akun tersebut dapat diakses kembali ke situs tertentu.

Jika sudah, pelanggan dapat mengubah data informasi seperti yang diinginkan. Namun, disisi lain sistem crud akan bekerja untuk mencatat ke database yang telah ada. Yang nantinya, jika data dibutuhkan akan dipanggil dengan memunculkan data tersebut.

Jadi, crud adalah kumpulan perintah yang berguna untuk membuat aplikasi dengan pengolahan data yang dinamis. Perintah pemrograman ini membantu pengembang untuk dapat membuat, membaca, mengubah, hingga menghapus data dari database sistem baris.

Tak hanya itu saya, operasi crud ini juga menawarkan berbagai kelebihan yaitu membuat peningkatan pada performa. Tak hanya itu saja, crud juga mudah dipelajari dalam penggunaannya, terlebih lagi operasi curd ini dapat diimplementasikan dengan beberapa bahasa pemrograman yang ada.

Semoga Artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda dalam mengenal apa itu CRUD (Crate, Read, Update, dan Delete).

Jika Anda tertarik untuk mentransformasikan bisnis Anda dengan sebuah aplikasi yang dapat memiliki data dinamis. Namun masih bingung akan sumber daya yang ada. Serahkan saja pada Evetech Solution, karena kami memiliki jasa pembuatan aplikasi yang dapat digunakan multi platform baik itu desktop website ataupun mobile apps.

Dapatkan penawaran lebih lanjut dengan menghubungi kamisekarang juga.

You May also like

Let's Create Together!

Ready to boost your digital presence? Contact us to discuss how
Evetech Solution turns your ideas into captivating visual realities that drive results.