Cloud Computing: Pengertian, Manfaat, dan Cara Kerjanya

August 29, 2024

sample
Share Article

Diera sekarang ini, pastinya Anda sudah tidak asing dengan layanan cloud. Terutama jika Anda sering untuk menyimpan data dengan memanfaatkan layanan internet seperti Google Drive, Dropbox, dan Microsoft OneDrive.

Penggunaan layanan cloud ini menjadi penting dalam kehidupan digital, terlebih Anda dapat melakukan penyimpanan, mengakses serta mengelola data secara online tanpa adanya ketergantungan perangkat fisik. Namun, tak sebatas itu ternyata cloud computing ini juga dapat berfungsi sebagai pendukung dalam inovasi bisnis dan perkembangan teknologi. Seperti, yang sudah evetech bahasa pada artikel sebelumnya IaaS, SaaS, dan PaaS merupakan salah perkembangan teknologi yang memanfaatkan cloud computing.

Lalu apa itu cloud computing itu? Kok bisa dimanfaatkan untuk perkembangan teknologi?. Agar Anda dapat memahami tentang cloud computing, yuk simak artikel berikut ini:

Pengertian Cloud Computing

Cloud Computing adalah perkembangan teknologi informasi yang memudahkan dalam menyimpan, mengelola, memproses data, maupun menjalankan aplikasi secara nirkabel. Dengan adanya layanan ini, maka pekerjaan dapat diakses kapan saja dan dimana saja melalui pemanfaatan ruang virtual.

Dalam meningkatkan produktivitas, sekarang ini banyak-banyak perusahaan yang beralih menggunakan cloud computing. Terlebih, sistem cloud ini dapat disetting secara private ataupun public. Itu berarti, perusahaan dapat mengatur siapa saja orang yang dapat mengakses suatu data.

Tak hanya itu saja,dengan mengadopsi layanan cloud computing ini maka bisnis akan dapat menciptakan desktop virtual, mengembangkan dan menguji perangkat lunak, atau bahkan menganalisis data yang besar.

Manfaat Cloud Computing

Cloud Computing adalah layanan yang mempermudah untuk dapat bekerja kapan saja dan dimana saja. Tak hanya itu saja, cloud computing juga memiliki manfaat sebagai berikut:

1. Menghemat Budget Operasional

Salah satu manfaat ketika perusahaan mengadopsi sistem cloud adalah menghemat budget operational. Terlebih, dengan adanya layanan online ini maka perusahaan tidak perlu membangun infrastruktur jaringan secara langsung. Namun, perusahaan hanya perlu menyiapkan biaya berlangganan dengan kebutuhan bisnisnya.

2. Meningkatkan Fleksibilitas

Tak hanya itu, penggunaan cloud computing ini, juga memungkinkan untuk dapat mengatur pemakaian, tanpa harus membeli hardware baru. Dari hal tersebutlah, maka memungkinkan perusahaan untuk dapat menaikan/mengurangi kapasitas sesuai dengan kebutuhan.

Dengan sistem cloud computing ini, maka memungkinkan perusahaan untuk dapat meningkatkan skalabilitas sesuai dengan kebutuhan di lapangan. Jika nan

3. Meningkatkan Keamanan Data

Manfaat berikutnya yang tak kalah penting saat mengadopsi cloud computing ini adalah dapat meningkatkan keamanan data. Hal ini dipengaruhi oleh adanya sistem yang mengenkripsi data, sehingga nantinya data Anda tetap aman dari peretas.

Jenis-Jenis Layanan Cloud Computing

Cloud Computing pada era sekarang dimanfaat pengguna mempermudah pengerjaan. Namun, nyatanya terdapat 4 jenis layanan cloud computing yang utama:

1. Infrastructure as a Service (IaaS)

Jenis yang pertama dari layanan cloud computing adalah Infrastructure as a service yang membantu dalam penyediaan infrastruktur dasar seperti server, penyimpanan, dan jaringan melalui internet.

Melalui IaaS ini, memungkinkan pengguna mendapatkan kontrol lebih tinggi atas infrastruktur, hingga memungkinkan pengelola untuk melakukan konfigurasi dan pemeliharaan hardware sara virtual.

Berikut adalah contoh dari IaaS yaitu AWS (Amazon Web Service), Microsoft Azure Virtual Machines, dan Google Cloud Compute Engine.

2. Platform as a Service (PaaS)

Jenis selanjutnya dari layanan cloud computing adalah platform as a service yang memungkinkan pengguna untuk dapat mengembangkan, mengelola serta menjalankan sebuah aplikasi tanpa takut dengan infrastruktur dasar.

Biasanya PaS ini difokuskan untuk keperluan aplikasi seperti sistem operasi, database, hingga tools yang diberikan. Tak hanya itu saja, dengan Platform as a Service ini juga mendukung berbagai bahasa pemrograman dan pengembangan Internet of Things (IoT).

Berikut adalah contoh dari layanan PaaS yaitu Google App Engine, Microsoft Azure, AWS Lambda dan Heroku.

3. Software as a Service (Saas)

Terdapat pula jenis cloud computing yang menyediakan layanan aplikasi berbasis cloud adalah Software as a Service. Itu artinya, Anda sebagai end-user dapat memanfaatkan aplikasi tanpa harus menginstal/mengunduh hanya berbekal jaringan internet.

Biasanya sistem SaaS dimanfaatkan untuk mendorong kolaborasi tim, hal itu karena SaaS dapat diakses dengan mudah, dari mana saja, dan kapan saja.

Berikut adalah contoh dari layanan SaaS yaitu G Suite seperti Google docs dan google spreadsheet.

Cara Kerja Cloud Computing

Cloud computing dapat bekerja jika terdapat jaringan internet. hal itu memungkinkan Anda dapat mengakses tanpa harus mengandalkan infrastruktur. Namun perlu diketahui, bahwa layanan ini melibatkan penyimpanan data yang terenkripsi pada server yang dikelola oleh provider cloud computing.

Perlu diingat bahwa, keawanan server merupakan salah satu langkah penting dalam menjaga kerahasiaan dan integritas akan tersimpan dalam jaringan. Pada tahap selanjutnya, data yang telah diproses dan diunggah ke server cloud. Sumber daya komputasi pada sistem cloud akan digunakan dalam mengelola data tersebut. Agar nantinya user yang telah terhubung ke internet, dapat dengan mudah untuk mengakses data yang telah diolah.

Setelah itu, hasil pengolahan akan dikirimkan kembali ke user, yang dapat menggunakannya.

Jadi cloud computing adalah suatu layanan yang dapat memberikan kemudahan user dalam bekerja tanpa halangan waktu dan tempat. Melalui penggunaan layanan ini, Anda sebagai pemilik bisnis tidak perlu membangun infrastruktur jaringan secara langsung. Sehingga pebisnis akan dapat menghemat budget operasional, namun perlu diketahui bahwa penggunaan layanan cloud ini Anda diwajibkan untuk membayar biaya berlanggan sesuai dengan yang Anda butuhkan. Tak hanya itu saja, dengan mengadopsi penggunaan cloud ini maka perusahaan dapat meningkatkan keamanan data serta meningkatkan fleksibilitas dalam penggunaan.

Layanan cloud computing dalam sebuah bisnis tentunya sangat penting, terlebih lagi jika Anda ingin mengefisiensikan pekerjaan dengan maksimal. Salah satu caranya adalah dengan penerapan aplikasi ERP berbasis cloud.

Dengan aplikasi ERP ini maka anda dapat mengintegrasikan dengan layanan lain sesuai kebutuhan Anda. Selain itu, akses penggunaannya pun juga cukup mudah karena dapat diakses dari mana saja dan kapan saja.

Jika Anda menginginkan aplikasi ERP berbasis cloud, tak ada salahnya anda menggunakan aplikasi ERP dari Evetech. Karena kami menawarkan sistem ERP yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Segera hubungi kami dan dapatkan penawaran menarik tentang aplikasi ERP.

You May also like

Let's Create Together!

Ready to boost your digital presence? Contact us to discuss how
Evetech Solution turns your ideas into captivating visual realities that drive results.