7 Aplikasi Kesehatan Mental Terbaik di 2024

July 1, 2024

sample
Share Article

Saat ini kesehatan mental menjadi salah satu aspek yang mendapatkan perhatian utama, terlebih bagi para Gen Z. Banyak orang mulai menyadari pentingnya menjaga kesehatan mental di tengah tekanan dan tuntutan hidup sehari-hari.

Aplikasi kesehatan mental menjadi solusi praktis yang dapat diakses kapan saja dan di mana saja untuk membantu individu mengelola stres, kecemasan, depresi, dan berbagai masalah mental lainnya.

Kali ini kita akan membahas tujuh aplikasi kesehatan mental terbaik di tahun 2024 yang menawarkan berbagai fitur unggul dan bermanfaat untuk membantu Anda tetap sehat secara mental.

Calm

Aplikasi Calm.png

Calm adalah aplikasi meditasi dan mindfulness yang populer yang menawarkan berbagai program dan fitur untuk membantu Anda meningkatkan kesehatan mental Anda. Aplikasi ini juga menawarkan berbagai program meditasi dan mindfulness yang dirancang untuk membantu Anda mengelola stres dan kecemasan.

Anda dapat mendownload aplikasi tersebut disini.

Talkspace

Talkspace adalah aplikasi terapi online yang menghubungkan Anda dengan terapis berlisensi untuk membantu mengatasi berbagai masalah seperti stres dan kecemasan, depresi, hubungan yang sulit, trauma, kesulitan dalam pengambilan keputusan, dan banyak lagi. Fitur utama Talkspace meliputi terapi berkelanjutan, di mana konsultasi dengan terapis berlangsung dalam beberapa hari sehingga Anda dapat terus bercerita dan mendapatkan dukungan kapanpun Anda membutuhkannya.

Semua terapis di Talkspace memiliki pengalaman dan kualifikasi yang mumpuni, serta menjamin privasi dan keamanan semua percakapan. Talkspace juga menawarkan berbagai paket langganan dengan harga yang terjangkau, menjadikannya aksesibel untuk semua kalangan.

Manfaat menggunakan Talkspace sangat beragam. Terapi dengan psikolog dapat membantu Anda mengelola stres, kecemasan, depresi, dan masalah mental lainnya, yang pada gilirannya akan meningkatkan kualitas hidup Anda.

Dengan kesehatan mental yang lebih baik, Anda dapat menjalani hidup dengan lebih bahagia dan produktif. Selain itu, berbicara dengan psikolog dapat membantu Anda merasa lebih didengarkan dan dimengerti, serta meningkatkan pemahaman diri dan pola pikir Anda.

Talkspace dapat diakses kapan saja dan di mana saja melalui smartphone, memberikan kemudahan bagi pengguna yang membutuhkan dukungan kesehatan mental kapanpun dan di manapun.

Download Talkspace di Google Playstore dan iOS.

Whats Up?

Aplikasi kesehatan mental Whatsap.png

Aplikasi ini berfokus pada penggunaan teknik CBT (Cognitive Behavioural Therapy) dan ACT (Acceptance Commitment Therapy) untuk membantu pengguna mengelola stres, kecemasan, kemarahan, depresi, dan lainnya.

What's Up? menawarkan berbagai fitur seperti strategi untuk menantang pikiran negatif, pelacakan suasana hati, penetapan tujuan untuk kebiasaan positif, dan alat harian untuk kesejahteraan mental. Anda dapat menemukan informasi tentang aplikasi ini melalui pencarian, tetapi aplikasi ini tidak memiliki situs web atau kehadiran media sosial yang tersedia secara langsung.

What’s Up? Dapat Anda unduh di Google Play Store atau iOS.

SAM

SAM merupakan singkatan dari Self-help Anxiety Management. Awalnya, SAM dikembangkan oleh tim psikolog dan ahli komputer dari University of West England dengan tujuan menciptakan sumber daya kesehatan mental yang menarik dan praktis untuk masyarakat.

SAM adalah aplikasi yang dirancang untuk membantu individu mengelola kecemasan mereka. Pengguna dapat mencatat tingkat kecemasan mereka dan mengidentifikasi berbagai pemicu stres serta kecemasan.

Aplikasi ini menawarkan 25 opsi swadaya untuk membantu pengguna mengelola gejala fisik dan mental akibat kecemasan, seperti teknik pernapasan. Selain itu, SAM memiliki fitur cloud sosial yang memungkinkan pengguna untuk berbagi pengalaman mereka secara anonim dengan sesama pengguna SAM. Unduh SAM di Google Play Store atau iOS.

Mood Tools

Mood Tools adalah aplikasi yang sangat dihargai yang dirancang untuk membantu orang melawan depresi dan mengurangi suasana hati negatif. Aplikasi ini diciptakan melalui kolaborasi antara para profesional kesehatan mental.

Fitur utamanya meliputi tes depresi untuk penilaian diri, diary pikiran yang memungkinkan pengguna melacak suasana hati dan pemikiran mereka, serta rencana keselamatan yang dapat digunakan untuk mengatasi pikiran atau dorongan bunuh diri.

Mood Tools dapat di unduh di Google Play Store atau di iOS.

Riliv

Aplikasi karya anak bangsa ini memungkinkan penggunanya untuk berkonsultasi mengenai masalah pribadi secara gratis dengan psikolog profesional atau mahasiswa psikologi. Psikolog dalam aplikasi ini terdiri dari enam psikolog profesional dan 50 mahasiswa psikologi (reliever) yang berasal dari Universitas Indonesia, Universitas Airlangga, serta Universitas Negeri Surabaya.

Mahasiswa psikologi yang menjadi relawan di aplikasi ini lebih berperan sebagai teman untuk mendengarkan curhatan, bukan untuk memberikan solusi atas masalah. Untuk mendapatkan jawaban dan saran medis, Anda dapat berlangganan fasilitas premium berbayar untuk berkonsultasi langsung dengan psikolog atau terapis profesional berlisensi yang sesuai dengan bidangnya. Keunggulan-keunggulan yang dapat Anda rasakan dari aplikasi Riliv yaitu:

  • Akses mudah ke konseling online dengan psikolog profesional berlisensi
  • Beragam program meditasi dan mindfulness yang dipandu instruktur terlatih
  • Tes kesehatan mental akurat yang dikembangkan oleh psikolog profesional
  • Sumber daya edukasi lengkap berupa artikel dan video dari pakar kesehatan mental
  • Komunitas yang aman dan suportif untuk berbagi pengalaman

Download aplikasi Riliv disini.

Baca juga: Cek disini! Aplikasi untuk Tes Kesehatan Mental Gratis

Halodoc

Halodoc adalah aplikasi kesehatan terdepan di Indonesia yang menawarkan berbagai layanan untuk membantu masyarakat mengakses layanan kesehatan dengan mudah dan cepat. Selain menyediakan konsultasi medis untuk berbagai kondisi fisik, Halodoc juga memiliki fitur yang didedikasikan untuk kesehatan mental, menjadikannya solusi lengkap bagi pengguna yang menghadapi masalah kesehatan mental.

Keunggulan Halodoc dalam mengatasi masalah kesehatan mental yaitu:

Konsultasi dengan Psikolog dan Psikiater: Pengguna dapat berkonsultasi dengan psikolog dan psikiater profesional melalui chat, voice call, atau video call.

Privasi Terjamin: Halodoc menjamin kerahasiaan dan keamanan semua percakapan dan data pengguna. Ini sangat penting bagi mereka yang merasa ragu atau malu untuk berkonsultasi tentang masalah kesehatan mental mereka.

Akses Mudah dan Cepat: Dengan Halodoc, pengguna dapat dengan cepat mengatur janji temu dengan psikolog atau psikiater, sehingga mereka dapat segera mendapatkan bantuan yang diperlukan tanpa harus menunggu lama.

Sumber Daya Informasi Kesehatan Mental: Halodoc juga menyediakan berbagai artikel, tips, dan informasi seputar kesehatan mental yang dapat membantu pengguna memahami dan mengelola kondisi mereka dengan lebih baik.

Layanan Terintegrasi: Selain kesehatan mental, Halodoc menawarkan berbagai layanan kesehatan lainnya, seperti pembelian obat, tes laboratorium, dan vaksinasi. Ini memudahkan pengguna untuk mengelola semua aspek kesehatan mereka dalam satu aplikasi.

Download aplikasi Halodoc disini.

Kesimpulan

Ada cukup banyak aplikasi kesehatan mental di tahun 2024 ini yang menawarkan beragam layanan untuk membantu pengguna mengelola kesehatan mental mereka. Ketujuh aplikasi yang dibahas telah membuktikan efektivitasnya dalam memberikan dukungan dan solusi bagi berbagai masalah kesehatan mental seperti stres, kecemasan, depresi, dan masalah lainnya.

Dengan fitur-fitur seperti konsultasi dengan psikolog profesional, program meditasi, tes kesehatan mental, dan alat pemantauan suasana hati, aplikasi-aplikasi ini memberikan kemudahan akses, keamanan, dan kenyamanan bagi pengguna.

Melalui penggunaan teknologi, diharapkan semakin banyak orang yang peduli dan sadar akan pentingnya menjaga kesehatan mental mereka serta mendapatkan bantuan yang diperlukan dengan lebih mudah.

Kesulitan menemukan aplikasi kesehatan mental yang tepat untuk memenuhi kebutuhan pengguna? Kembangkan aplikasi kesehatan mental Anda sendiri di Evetech dan berikan dukungan serta solusi yang efektif bagi berbagai masalah kesehatan mental. Dengan fitur-fitur unggulan seperti konsultasi dengan psikolog profesional, program meditasi, tes kesehatan mental, dan alat pemantauan suasana hati, Anda dapat membantu lebih banyak orang menjaga kesehatan mental mereka dengan mudah dan tentunya aman. Konsultasikan sekarang juga disini.

You May also like

Let's Create Together!

Ready to boost your digital presence? Contact us to discuss how
Evetech Solution turns your ideas into captivating visual realities that drive results.