Cara Memilih Software ERP Yang Tepat Bagi Perusahaan

October 22, 2024

Cara Memilih Software ERP Yang Tepat Bagi Perusahaan
Share Article

Diera digital sekarang ini, software ERP (Enterprise Resource Planning) telah menjadi kebutuhan bagi perusahaan. Terutama untuk mempermudah proses bisnis seperti pengolahan data serta pengambilan keputusan.

Tak hanya itu saja, ERP system yang diimplementasikan pada sistem administrasi perusahaan dapat membantu dalam mengotomatisasi proses bisnis.

Namun, tahukan Anda dalam mencari sistem ERP yang terbaik dalam membantu proses bisnis lebih baik lagi, itu adalah hal yang sulit. Berikut adalah 5 cara memilih software ERP yang dapat digunakan oleh perusahaan:

1. Analisis Kebutuhan Bisnis

Salah satu langkah yang digunakan dalam memilih sistem ERP adalah menganalisis dari kebutuhan Anda. Terutama jika perusahaan Anda, bergerak pada bidang manufaktur perlu mempertimbangkan proses bisnis utama seperti manajemen produksi, manajemen persediaan, atau bahkan manajemen rantai pemasok (Supply Chain Management).

Tujuan dari analisis kebutuhan bisnis adalah membantu anda untuk mengidentifikasi fitur dan fungsionalitas spesifik yang dibutuhkan. Sehingga sistem ERP yang diimplementasikan sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Misalnya sebagai contoh Anda memiliki perusahaan yang menawarkan produksi massal, maka ERP yang diimplementasikan memiliki modul ERP yang sesuai dalam manajemen produksi dan inventaris.

Berbeda, jika Anda memiliki perusahaan yang lebih kecil maka Anda dapat menggunakan solusi ERP yang lebih fleksibel dan dapat mudah dipergunakan.

2. Evaluasi Vendor ERP

Selanjutnya Anda dapat menentukan vendor yang memiliki jasa pembuatan ERP. Biasanya software house memiliki layanan service tersebut. Pada tahapan ini, Anda dapat melihat portofolio apakah vendor tersebut telah mengembangkan sistem ERP yang serupa pada bidang Anda.

Selain itu, Anda juga wajib untuk melihat bagaimana dukungan teknis yang ditawarkan oleh vendor. Terlebih lagi, ketika Anda telah ingin menginvestasikan sistem yang jangka panjang.

Sebagai contoh, Anda dapat menemukan software house terbaik di Solo seperti Evetech Solution yang memiliki jasa pembuatan ERP. Yang membedakan dengan jasa lainnya yaitu layanan yang ditawarkan Evetech Solution dapat di modifikasi, dengan demikian sistem ERP dapat efisien untuk dipergunakan.

Tidak hanya itu, dukungan teknis yang diberikan oleh Evetech juga sangat penting. Dengan demikian, perusahaan Anda dapat bertumbuh dan berkembang bersama vendor ERP yang mampu menyediakan solusi yang mendukung kebutuhan bisnis secara berkelanjutan.

3. Kemampuan Integrasi

Perusahaan biasanya telah menggunakan berbagai sistem yang beragam seperti sistem manajemen gudang atau menggunakan software akuntansi untuk mempermudah pekerjaan. Namun, hal itu menjadi sulit terlebih ketika harus memantau data secara realtime.

Dengan adanya sistem ERP, seluruh software yang digunakan di setiap divisi dapat diintegrasikan. Integrasi ini memudahkan pengusaha dalam memantau laporan secara lebih efisien.

Salah satu contoh proses integrasi tersebut adalah melalui penggunaan protokol API (Application Programming Interface), yang dapat mempermudah alur proses bisnis dan memungkinkan pertukaran data realtime antar divisi.

4. Pertimbangan Biaya

Mengimplementasikan sistem ERP untuk perusahaan tentunya digunakan untuk investasi jangka panjang. Terlebih biasanya, sistem ERP memiliki harga yang cenderung mahal. Hal itu dikarenakan adanya biaya pembelian lisensi.

Namun Anda tidak perlu khawatir, terdapat pula ERP yang open source. Sehingga, Anda dapat menggunakan dan memodifikasinya secara free.

5. Uji Coba Sistem

Terakhir, sebelum ada mengimplementasikan secara penuh sistem ERP. Biasanya layanan yang menawarkan pembuatan ERP memiliki versi demo atau uji coba gratis yang dapat Anda gunakan untuk tes awal.

Dengan demikian, sebelum perusahaan menggunakannya dapat dilihat apakah ada potensi yang timbul. Jika nantinya terdapat permasalahan, Anda dapat menghubungi vendor ERP untuk melakukan perbaikan.

Selain itu, dengan menggunakan versi demo ini, Anda dapat mempelajari sistem secara lebih mudah dan menentukan apakah sistem tersebut dapat membantu meningkatkan efisiensi proses bisnis.

Baca Juga: Mengenal MRP (Material Requirement Planning)

Memilih Sistem ERP tentunya bukanlah hal yang mudah, terutama dalam menentukan jasa pembuatan sistem ERP yang tepat. Terlebih vendor ERP memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Salah satunya vendor ERP yang dapat Anda pergunakan adalah Evetech Solution. Karna kami, memiliki pengalaman dalam membuat sistem ERP untuk berbagai bidang industri. Tak hanya sekedar itu saja, Evetech Solution juga menawarkan berbagai kelebihan diantaranya dapat dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan Anda.

Anda dapat menghubungi kami segera dan dapatkan penawaran yang lebih lanjut.

You May also like

Let's Create Together!

Ready to boost your digital presence? Contact us to discuss how
Evetech Solution turns your ideas into captivating visual realities that drive results.