SSL (Secure Socket Layer): Pengertian, Manfaat dan Cara Kerjanya

October 21, 2024

SSL (Secure Socket Layer): Pengertian, Manfaat dan Cara Kerjanya
Share Article

Salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam sebuah website adalah fitur keamanan. Dengan adanya protocol SSL (Secure Socket Layer) dapat membantu dalam menjaga keamanan website dari serangan cyber.

Lantas, apa itu SSL? Dan bagaimana manfaatnya untuk website?. Agar dapat menjawab pertanyaan, tersebut Evetech dalam artikel ini akan membahas tentang SSL meliputi definisi, manfaat SSL, dan cara kerjanya.

Yuk simak selengkapnya dalam artikel ini!!!

Apa itu SSL

Secure Sockets Layer atau yang disingkat SSL adalah sebuah protokol keamanan yang digunakan pada website. Dengan adanya SSL maka akan menciptakan koneksi aman antara perangkat maupun website Hal itu terjadi SSL bekerja dengan mengenkripsi data yang ditransmisikan melalui server sehingga data tersebut terlindungi dari ancaman pihak yang tidak berwenang.

Biasanya website yang telah mengunakan SSL ditandai dengan adanya HTTPS pada URLnya dan bukan HTTP.. Atau bisanya terdapat ikon kunci pada address bar dibrowser. Agar dapat lebih jelas, Anda dapat lihat gambar berikut ini:

Penggunaan SSL sangat penting karena membuat website terlihat lebih aman dan dapat dipercaya dibandingkan dengan website yang tidak menggunakan SSL.

Manfaat SSL

Penggunaan SSL (Secure Sockets Layer) sangatlah penting, terutama dalam menjaga keamanan website. Namun, tak hanya itu SSL juga memiliki manfaat lain seperti:

1. Meningkatkan Keamanan Data Website

Salah satu manfaatnya yaitu meningkatkan keamanan data website. Terutama, dengan penggunaan SSL maka data akan terenkripsi sebelum ditransmisikan antara server dan browser pengguna.

Dengan demikian, data yang bersifat sensitif seperti login, kata sandi ataupun data pribadi akan terlindungi dari ancaman pencutian data dari pihak yang tidak berwewenang.

2. Meningkatkan Peringkat SEO

Manfaat selanjutnya adalah meningkatkan peringkat SEO. Terlebih, saat ini Google dan mesin pencari lainnya memberikan prioritas untuk situs yang mengunakan SSL mendapatkan rangking yang lebih tinggi.

Sehingga, dengan adanya peluang untuk menempati posisi pertama. Maka, situs website bisnis akan mendapatkan traffic pengunjung yang lebih banyak yang pada akhirnya dapat meningkatkan konversi dan penjualan.

3. Mencegah Serangan Phising

Berikutnya, SSL bermanfaat dalam mencegah serangan phishing. Hal ini karena data telah terenkripsi, sehingga sulit bagi peretas untuk mencuri informasi sensitif.

Selain itu, SSL membantu memverifikasi keaslian sebuah website. Sehingga pengguna dapat membedakan antara situs asli dan situs palsu yang sering digunakan untuk melakukan phishing.

4. Meningkatkan Reputasi Website

Selanjutnya, SSL juga bermanfaat untuk meningkatkan reputasi website. Website yang telah menggunakan SSL biasanya ditandai dengan adanya HTTPS pada URL atau ikon gembok, yang menunjukkan bahwa koneksi pengguna aman.

Sebaliknya, website yang belum menggunakan SSL sering kali menampilkan notifikasi berwarna merah. Sehingga menjadikan peringatan bagi pengunjung bahwa situs tersebut berpotensi mengalami pencurian data oleh pihak yang tidak berwenang.

5. Mematuhi Aturan Transaksi

SSL juga penting dalam mematuhi aturan transaksi, terutama jika Anda memiliki website bisnis seperti toko online yang menyediakan sistem pembayaran kartu debit atau kartu kredit. Hal ini dikarenakan SSL dapat mencegah pencurian data dengan cara mengenkripsi informasi selama proses transmisi.

Selain itu, SSL juga membantu menghindari denda maksimal sebesar Rp6 miliar apabila terjadi kebocoran data. Hal itu diatur dengan Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi.

Baca Juga: Buat Website Lebih Cepat Dengan Progressive Web App

Cara Kerja SSL

SSL (Secure Sockets Layer) dapat diibaratkan sebagai gembok yang terkunci untuk mengamankan suatu ruangan, sehingga hanya pihak yang memiliki wewenang yang bisa mengaksesnya. SSL berfungsi mengenkripsi data menggunakan kunci kriptografi, yang terdiri dari dua jenis: public key dan private key.

Public key digunakan untuk mengenkripsi data yang dikirim dari server, sementara private key berperan untuk mendekripsi data yang telah dienkripsi. Setelah data diterima oleh penerima yang sah, private key mengembalikan data tersebut ke format aslinya. Dengan begitu, data yang ditransmisikan antara server dan perangkat menjadi lebih aman berkat penggunaan SSL.

Jadi SSL adalah kepanjangan dari Secure Sockets Layer yang membantu dalam mengenkripsikan data antara server dengan perangkat agar lebih aman. Dengan mengunakan SSL, maka bermanfaat bagi peningkatan peringkat SEO, mencegah phising serta meningkatkan reputasi dari website.

Terutama jika Anda memiliki website berbentuk ecommerce dan menyediakan fitur pembayaran secara langsung, maka sangat penting untuk menambahkan SSL pada situs website Anda. Sehingga pengunjung akan menjadi lebih Aman. Gunakan jasa pembuatan website profesional dari Evetech Solution untuk membantu Anda mengembangkan website bisnis yang lebih aman. Kami sebagai software house di Kota Solo telah berpengalaman dalam mengembangkan website yang terjamin keamanannya, sehingga pengunjung situs Anda tidak perlu khawatir lagi.

Segera Hubungi kami kami dan dapatkan penawaran jasa pembuatan website.

You May also like

Let's Create Together!

Ready to boost your digital presence? Contact us to discuss how
Evetech Solution turns your ideas into captivating visual realities that drive results.