Sistem Point of Sales (POS): Manfaat dan Cara kerjanya

August 27, 2024

sample
Share Article

Aktivitas berbelanja memang telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari, terutama karena berbelanja adalah cara utama untuk memenuhi kebutuhan hidup. Dalam pemenuhan kebutuhan, seseorang sering kali membelinya langsung sejumlah banyak.

Agar mempermudah pembayaran dan menghitung transaksi yang dilakukan saat pembelian maka penjual membutuhkan sebuah sistem pos (Point of Sales). Dengan perkembangan teknologi informasi, sistem ini dapat dikembangkan dengan berbagai fitur yang dapat membantu transaksi penjualan.

Namun, jika Anda bukan dari pebisnis yang memiliki toko pastinya akan bertanya-tanya. Memang apa itu sistem POS dan apa manfaatnya bagi sebuah transaksi penjualan?. Agar dapat menjawab pertanyaan tersebut, melalui artikel ini Evetech akan membahas tentang sistem POS (Point of sales) meliputi manfaat, jenis, dan cara kerjanya. Yuk simak artikel selengkapnya.

Pengertian Sistem POS (Point Of Sales)

Sistem POS (Point Of Sales) adalah sebuah layanan yang dikembangkan untuk memudahkan dalam transaksi penjual. Sistem ini biasanya digunakan untuk toko retail, restoran, atau bahkan outlet lainnya.
Selain dengan memudahkan transaksi penjualan, sistem POS dalam perkembangannya dapat diintegrasikan dengan metode pembayaran. Point of Sales umumnya berbentuk sebuah mesin tablet, smartphone atau dapat berupa EDC untuk membantu transaksi di toko.

Sering kali, kaum awam mengira bahwa mesin kasir adalah point of sales. Namun, nyata sistem POS tidak dapat dengan kasir konvensional. Terutama, sistem pos ini juga dilengkapi dengan sistem yang inovatif. Terlebih lagi biasanya sistem pos ini kombinasikan dengan software dan hardware.

Manfaat Sistem POS (Point Of Sales)

Sistem Pos di era sekarang ini memang sangatlah dibutuhkan terlebih jika usaha dari bisnis Anda telah semakin besar dan berkembang. Agar lebih jelasnya, Anda dapat menemukan manfaat tentang sistem Point Of Sales:

1. Memudahkan Proses Pemesanan

Salah satu manfaat yang didapatkan ketika pebisnis menggunakan sistem point of sales ini adalah mempermudahkan proses pemesanan. Terlebih, pada sistem pos biasanya telah menyimpan database suatu produk seperti harga dan berapa kuantitas. Dari hal tersebutlah yang akan membuat segala proses transaksi lebih mudah serta menghitungnya.

2. Mengetahui Ketersediaan Suatu Produk

Manfaat lain dari sistem pos ini adalah dapat mengetahui ketersediaan suatu produk/jasa. Hal itu karena, setiap transaksi akan tercatat otomatis oleh sistem. Jadi nantinya jika barang tersebut telah terjual, maka catat stok yang ada di gudang akan berkurang secara realtime. Dari situlah, pebisnis akan mudah untuk mengamati kondisi dari bisnis tersebut.

3. Memudahkan dalam penyajian laporan

Selain itu, penggunaan point of sales ini juga dapat mempermudah dalam penyajian laporan. Tak hanya itu, dengan adanya sistem seperti ini akan memudahkan juga dalam proses analisis penjualan dan inventaris. Terlebih, Seperti yang telah dibahas pada manfaat sebelumnya, sistem ini akan merecord segala transaksi secara otomatis dan real-time.

4. Meningkatkan kepuasan pelanggan

Diera sekarang ini, sistem POS (Point of sales) menawarkan berbagai jenis layanan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Terlebih beberapa sistem sekarang ini dapat terintegrasikan dengan layanan digital. Dari hal dapat memberikan penawaran khusus yang langsung dapat diterima oleh pelanggan tertarget. Tak hanya itu saja, point of sales juga dapat menerima berbagai macam jenis pembayaran seperti QRIS, Debit, kredit, atau bahkan tunai.

5. Menghindari Human Error

Manfaat terpenting dari penggunaan sistem pos ini adalah dapat menghindari kesalahan yang dibuat oleh manusia (human error). Terlebih lagi, dengan penggunaan sistem ini maka pencatatan transaksi dan persediaan barang akan tercatat secara akurat. Sehingga mengurangi kesalahan double input data atau terjadinya human error lainnya.

Jenis Sistem POS (Point Of Sales)

Pemilihan sistem Point of Sales (POS) dalam sebuah bisnis memang tidaklah mudah, terutama sistem ini memiliki jenis yang beragam berikut adalah jenis-jenis dari sistem pos adalah:

1. Point of Sales Konvensional

Salah satu jenis dari sistem pos yang masih melibatkan software sederhana dan mesin kasir fisik adalah Point of Sales Konvensional. Penggunaan jenis sistem ini biasanya digunakan pada toko ritel dan restoran yang memudahkan proses transaksi.

Proses transaksi biasanya dilakukan pada dengan cara menginput manual pada komputer atau hanya menempelkan barcode pada scanner. Nantinya segala informasi, akan otomatis tersimpan di penyimpanan lokal. Sehingga membuat data tidak dapat terakses dari mana saja.

2. Point of Sales Berbasis Cloud

Jenis selanjutnya yaitu point of sales berbasis cloud, sesuai namanya sistem ini memanfaatkan jaringan internet dalam penyimpanan data. Sehingga memungkinkan, data yang tersimpan dapat diakses kapan saja dan dari mana saja.

Penggunaan sistem POS cloud ini tidak menggunakan hardware tertentu, sehingga memudahkan pebisnis dalam menghemat investasi dalam pembelian sistem ini hanya memerlukan proses langganan untuk menggunakan layanan tertentu.

3. Self-Service Kiosk

Terdapat juga salah satu sistem POS yang memungkinkan untuk pelanggan dapat bertransaksi secara mandiri yaitu Self-service kiosk. Biasanya sistem point of sales ini berbentuk seperti vending machine yang memberikan kemudahan dalam bertransaksi.

4. Mobile Point Of Sales

Terdapat pula jenis mobile point of sales, yang memungkinkan transaksi dapat menggunakan handphone ataupun tablet. Biasanya bisnis yang menggunakan layanan Mobile POS itu memerlukan mobilitas tinggi seperti restoran, retail, ataupun acara pop-up store.

Cara Kerja Point Of Sales

Sistem Point of sales adalah suatu layanan yang memungkinkan untuk memberikan kemudahan dalam bertransaksi serta manajemen bisnis secara keseluruhan. Berikut adalah cara kerja dari Sistem POS:

1. Pengenalan Produk

Cara kerja sistem point of sales dimulai dengan mengenali seluruh produk. Cara ini biasanya dilakukan dengan menginput secara manual maupun dengan memindai dengan scanner pada barcode untuk memasukan pada database.

Tujuannya agar nanti produk/jasa mudah dikenali oleh sistem dan nantinya mempermudah untuk pencatatan jika terjadi transaksi.

2. Perhitungan Harga

Setelah produk/jasa dikenali oleh sistem maka pada tahap selanjutnya, jika terdapat transaksi pembelian maka sistem POS akan mencatatnya lalu melakukan perhitungan otomatis berdasarkan harga, kuantitas dan pajaknya.

Selain itu sistem pos juga akan melakukan perhitungan stok yang nantinya akan tampil secara realtime pada sistem.

3. Pembayaran

Pada tahap selanjutnya, sistem POS akan menampilkan sejumlah nominal dari total transaksi yang ada. Tak hanya itu, sistem ini juga menerima pembayaran berbagai macam metode seperti: Tunai, QRIS, kartu debit/kredit, atau bahkan emoney.

4. Finalisasi Transaksi

Jika seluruh, proses telah dilakukan maka pelanggan akan mendapatkan struk pembelanjaan. Lalu nantinya jika sistem POS telah diintegrasikan maka sistem akan juga mencatat sisa stock barang. Tak hanya itu, jika brand juga memiliki fitur membership, maka sistem akan juga mencatat point yang didapatkan dari transaksi.

Jadi sistem POS adalah layanan yang mempermudah dalam proses transaksi. Dengan penggunaan sistem ini memberikan berbagai manfaat terlebih dalam mengetahui jumlah dari produk.

Tak hanya itu, pemanfaatan point of sales ini juga dapat mengurangi human error dan meningkatan pengalaman kepuasan pelanggan. Terlebih jika sistem ini dapat diintegrasikan dengan membership.

Beragam jenis sistem point of sales (POS) dapat Anda pilih untuk memudahkan transaksi dalam bisnis Anda seperti POS Konvensional, POS berbasis Cloud, Mobile point of sales, atau bahkan Self-Service Kiosk.

Semoga artikel diatas dapat membantu Anda dalam mengenal apa itu sistem POS. Terlebih diera modern sistem pos tidak lagi sekedar alat untuk bertransaksi, namun dapat juga dikembangkan dan diintegrasikan dengan sistem lain.

Sejalan dengan Hal itu Evetech sebagai salah satu software house di Indonesia menyediakan solusi bisnis EvePOS yang dapat mempermudah transaksi. Solusi ini dirancang untuk mendukung bisnis Anda dalam memaksimalkan efisiensi dan produktivitas.

Selain itu, dengan EvePOS ini Anda juga dapat diintegrasikan dengan metode pembayaran ataupun fitur lain yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Jika Anda ingin mentransformasikan bisnis menjadi luar biasa serta memudahkan dalam bertransaksi Anda dapat menggunakan EvePOS sebagai sistem POS Anda.

Dapatkan penawaran spesial tentang EvePOS atau layanan pembuatan software lainnya dengan menghubungi kami sekarang.

You May also like

Let's Create Together!

Ready to boost your digital presence? Contact us to discuss how
Evetech Solution turns your ideas into captivating visual realities that drive results.