Software as a Service (SaaS): Pengertian dan Manfaatnya

August 19, 2024

sample
Share Article

Perkembangan teknologi yang pesat, mendorong perusahaan untuk mempercepat transformasi digital. Terutama pada bidang bisnis disektor ritel, perbankan, kesehatan, dan pendidikan.

Salah satu cara untuk mentrasformasikan bisnis diera digital sekarang ini adalah dengan mengunakan sebuah perangkat lunak/software yang disesuaikan dengan kebutuhan bisnis seperti penggunaan apilasi SAAS.

Dengan penggunaan SaaS (Software as a Service) memungkinkan pebisnis untuk dapat mengelola bisnis lebih efisien dan fleksibel. Selain itu, penggunaan SaaS ini juga dapat membantu perusahaan untuk dapat berkompetisi di era digital yang cepat sekali berubah.

Lalu apa itu SaaS?, Emang bisa mengefiesien proses bisnis?. Agar dapat menjawab pertanyaan tersebut, melalui artikel ini Evetech Solution akan membahas tentang SaaS (Software as a Service) meliputi pengertian, manfaat, dan cara kerjanya. Yuk simak selengkapnya.

Pengertian SaaS (Software as a Service)

Software as a Service atau yang dikenal SaaS adalah jenis layanan perangkat lunak yang mengunakan teknologi cloud dalam menyediakan aplikasi kepada pengguna. Dengan penggunan SaaS pengguna dapat mengakes sebuah software (perangkat lunak) tanpa harus melalui aktivitas pengunduhan aplikasi.

Hal tersebut dikarnakan, aplikasi dengan model SaaS ini adalah software yang dihosting dan dikelola oleh sebuah layanan penyedia pada server sebelum didistribusikan ke pengguna. Dari hal inilh yang dapat membuat aplikasi dapat langsung digunakan tanpa harus menginstal.

Penggunaan model SaaS di Indonesia saat ini mengalami peningkatan. Menurut study yang dilakukan oleh Harvey Nash, dari total 1724 responden 38%nya menganggap bahwa model SaaS memiliki peran sangat penting untuk kesuksesan bisnis. Namun 73%nya menganggap SaaS memiliki beberapa kepentingan. Maka dari data tersebut dapat di simpulkan bahwa keberadaan SaaS memang sangat dibutuhkan dari berbagai pihak.

Dengan penerapan software berbasis clud ini, tentunya akan mempermudah pebisnis dalam menjalankan proses bisnis. Terutama penggunaan SaaS, bagi perusahaan saat ini sudah dapat di integrasikan dengan layanan sistem cloud.

Manfaat SaaS (Softaware as a Service)

SaaS adalah sebuah layanan software yang memungkinkan penggunaa untuk dapat mengakses layanan tanpa harus menginstal secara langsung di perangkatnya sendiri. Berikut adalah manfaat SaaS untuk bisnis Anda:

1. Menghemat Biaya

Salah satu manfaat SaaS bagi bisnis adalah menghemat biaya. Hal itu karna pebisnis tidak perlu menyiapkan investasi infrastuktur IT dalam membangun sebuah software. Namun Anda sebagai pebisnis, hanya perlu untuk membayar biaya berlangganan sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, Anda juga dapat melakukan penghematan dari pemeliharaan, karna penyedia aplikasi SaaS lah yang akan menanggungnya.

2. Memudahkan Penggelolaan

Manfaat selanjutnya yang didapat dengan mengunakan layanan berbasis SaaS adalah meudah kan pengelolaan. Terutama, pada proses upgrade aplikasi tidak perlu dilakukan secara manual. Hal itu dikarnakan, penyedia layanan SaaS lah yang akan membantu bisnis untuk dapat merasakan pembaruan dengan fitur-fitur terbarunya tanpa harus mengembangkan secara manual.

3. Meningkatkan Skalabilitas dan Fleksibilitas

Pengunaan SaaS juga dapat meningkatkan skalabilitas. Dimana jika bisnis Anda mengunakan layanan berbasis SaaS Anda tidak perlu membeli server/perangkat lainnya. Karna, pada pengunaan layanan ini Anda hanya perlu mengakfikan penawaran SaaS mulai dari kapasitas Server yang dapat diatur sesuai dengan keinginan.

4. Meningkatkan Keamanan Data

Manfaat lain dari SaaS adalah dapat peningkatan keamanan data dan pembruan otomatis. Terlebih lagi, layanan SaaS ini yang masih dikelola oleh penyedia layanan akan selulu memastikan layanan dapat berjalan dengan lancar. Sehingga dapat mengurangi pekerjaan dari tim internal IT.

5. Meningkatkan Kolaborasi Dengan Mudah

Manfaat berikutnya yang tak kalah penting adalah penggunaan SaaS ini memungkinkan untuk diintegrasikan dengan aplikasi yang digunakan oleh perusahaan. Tak hanya itu, model SaaS juga dapat mendukung agar dapat berkolaborasi dengan tim lain yang berkerja dilokasi berbeda.

Cara Kerja SaaS (Software as a Service)

Aplikasi SaaS juga disebut sebagai web-based software. Hal itu karna sistem ini dapat langsung diakses melalui software, bisanya untuk authentifikasi diperlukan adanya sistem keamanan yaitu dengan sistem login. Berikut ini adalah cara kerja dari aplikasi SaaS:

Software as a Service bekerja dengan memfaatkan layanan cloud compoting dimana pada proses ini penyedia layanan akan memberikan hosting untuk sebuah aplikasi, dalam penggunaan server, basis data, jaringan, ataupun sumber daya komputasinya masing-masing. Sehingga nantinya Anda tidak perlu khawatir tentang pemeliharaan dan pembaruan softwarenya.

Selanjutnya, penyedia layanan memastikan software tersebut dapat berjalan dengan semestinya. Aplikasi harus dapat diakses pada segala perangkat yang terkoneksi internet dengan memanfaatkan browser web tanpa harus menginstal.

Pemeliharaan dan pengelolaan aplikasi SaaS ini, dikelola oleh penyedia layanan SaaS. Jadi, Anda membayar biaya berlangganan sesuai dengan apa yang digunakan. Anda sebagai pemilik bisnis tidak perlu lagi mengatur, memelihara, ataupun membangun infrastruktur secara mandiri.

Perlu diketahui semua data akan tersimpan pada server cloud penyedia layanan, bukan pada komputer lokal. Sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan data yang Anda miliki. Terlebih, biasanya penyedia layanan SaaS akan selalu menjaga dan bertanggung jawab dalam pemeliharaan yang tersimpan diservernya.

Selain itu, karna yang berhak dalam melakukan pemeliharaan dan penggelola layanan SaaS adalah provider SaaS. Maka setiap ada pembaruan dan perbaikan software, pebisnis tidak perlu melakukan secara manual. Karna penyedia layanan tersebut telah menangani pembaruan dan perbaikan software secara otomatis.

Contoh Layanan SaaS (Software as a Service)

Dalam membangun sebuah bisnis yang efisien, pengunaan Software as a Service sangatlah populer. Terutama pada sisi penggunaan yang praktis, tidak memerlukan infrastruktur IT yang rumit, karna hanya memerlukan browser web untuk menjalankannya. Berikut adalah beberapa contoh penerapan layanan SaaS untuk mengembangkan bisnis:

1. Sistem ERP

Salah satu layanan yang dapat mengunakan layanan SaaS adalah ERP (Enterprise Resource Planning). Dimana sistem tersebut dapat di integrasikan untuk mengefisiensikan proses bisnis kedalam satu layanan seperti: perencanaan produksi, management persediaan, distribusi, hingga proses akuntansi.

Dengan adanya sistem ERP yang berbasis layanan SaaS ini membawa keuntungan untuk bisnis karna hanya membayar biaya berlangganan berdasarkan kebutuhan perusahaaan tanpa harus membangun infrastruktur IT dari awal.

2. Sistem Project Management

Terdapat layanan lain yang dibangun dengan mengunakan teknologi cloud computing yaitu sistem project management. Melalui pengembangan aplikasi management berbasis SaaS memungkinkan seseroang dapat merencanakan, mengatur, serta melacak progress project yang dikerjakan.

Pengunaan sistem project management dengan layanan SaaS ini memungkinkan pengguna dapat mengakses dari mana pun lokasinya namun masih terhubung oleh jaringan internet.

3. Sistem CRM

Salah satu sistem yang diadopsi dengan layanan SaaS ini adalah sistem CRM (Customer Relationship Management). Dengan mengunakan teknologi SaaS ini, maka memungkinkan tim satu dengan yang lain dapat berbagi data secara real-time.

Dari hal inilah, maka proses bisnis dapat di automatisasi dengan managemen pelanggan seperti mengelola interaksi, melacak proses, serta mengoptimalkan strategi pemasaran.

Jadi Software as a Service (SaaS) adalah sebuah sistem perangkat lunak yang dibangun melalui internet. Dengan adanya sistem aplikasi ini maka, pengguna tidak perlu mendownload sebuah aplikasi untuk mengunakan.

Penggunaan aplikasi berbasis cloud compoting ini memiliki beragam manfaat seperti menghemat budget dan memudahkan dalam penggelolaan. Hal itu dapat dapat terjadi, karna jika bisnis yang menggunakan sistem SaaS ini tidak perlu membangun infrastruktur secara mandiri. Hanya saja, membayar biaya berlangganan dari apa yang digunakan nantinya.

Tak hanya itu saja, dengan adanya sistem SaaS ini Anda tidak perlu lagi repot-repot mengelola secara mandiri. Karna provider layanan saat memiliki akses penuh untuk mengelola dan melakukan update secara berkala agar aplikasi dapat berjalan dengan semestinya.

Lalu, jika Anda ingin memiliki perangkat lunak berbasis SaaS, serahkan saja kepada Evetech Solution. Karna kami akan memiliki jasa pembuatan aplikasi berbasis SaaS.

Segera hubungi tim kami untuk mendapatkan informasi selengkapnya.

You May also like

Let's Create Together!

Ready to boost your digital presence? Contact us to discuss how
Evetech Solution turns your ideas into captivating visual realities that drive results.