Apa itu IaaS: Manfaat dan bedanya dengan SaaS & PaaS

August 9, 2024

sample
Share Article

Perkembangan layanan cloud computing di era digital sekarang ini sangatlah pesat. Hal itu dipengaruhi dengan insfratstuktur dasar yang berkembang pula.

Jika dikaitkan dengan IaaS ini, IaaS atau Infrastructur as a service dapat menyediakan infrastruktur dasar seperti server, database, dan memilik jaringan virtual melalui internet.

Dengan adanya IaaS ini maka dapat membuat bisnis lebih menghemat budget dalam mengelola infrastruktur tanpa berinvestasi pada perangkat keras.

Lantas, Apa itu IaaS? seberapa manfaatnya dalam mengunakan layanan tersebut?. Agar dapat menjawabnya, Evetech melalui artikel ini akan membahas tentang IaaS meliputi Pengertian, karakteristik, Manfaat, hingga kelebihan dan kekuranganya.

Pengertian IaaS

Infrastructure as a Service atau yang dikenal sebagai IaaS adalah sebuah layanan cloud yang membantu dalam penyediaan infrastruktur IT melalui internet. Dengan adanya IaaS ini memungkinkan bisnis dapat menyewa sumber saya seperti server, storage, atau bahkan jaringan virtual.

Dengan memanfaatkan penyewaan sumber daya IT, memungkinkan dapat menghemat biaya operasional. Hal itu dikarnakan, pemilik bisnis tidak perlu membeli dan melakukan pemeliharan infrastruktur IT.

Jika disederhanakan Infrastructure as a Service (IaaS) dapat di baratkan seperti menyewa sebuah apartemen tanpa perlu membangun gedungnya dari awal. Jadi nantinya cukup membayar sewa bulanan saja.

Seperti halnya dengan IaaS ini, infrastruktur seperti hardware dapat dioperasikan secara virtual. Yang berarti pebisnis tidak perlu menginvestasikan IT infrastuktur secara fisik.

Manfaat IaaS

IaaS adalah sebuah lapisan dasar layanan cloud yang menyediakan berbagai sumber daya yang tervirtualisasi melalui internet. Berikut adalah manfaat dari penggunaan layanan IaaS:

1. Hemat Biaya

Manfaat utama yang didapatkan ketika mengunakan layanan IAAS ini tentunya dapat menghemat biaya. Terlebih lagi, dengan IaaS ini pebisnis tidak perlu membangun infastruktur IT secaraa mandiri. Pebisnis dapat langsung melakukan sewa dan membayarnya sesuai dengan penggunaan.

2. Skalabilitas Sesuai Permintaan

Manfaat selanjutnya dengan penggunaan IaaS ini maka memungkinkan Anda dapat mengatur sesuai dengan kebutuhan Anda. Sebagai contoh jika Anda menginginkan adanya peningkatan layanan Anda dapat meningkatkannya. Lalu jika kemudian hari, Anda ingin menurunkan kapasitas dapat juga diturunkan.

3. Kecepatan dan Efisiensi

Selain itu, karna sumber daya IT telah ditangani oleh pihak lain maka akan mempercepat dan mengefisiensikan dalam pembuatan ide-ide baru tanpa harus memikirkan infrasturkur IT.

4. Performaa Tinggi

Dengan mengunakan IaaS ini maka memungkinkan untuk dapat melakukan peningkatan performa yang lebih tinggi dan mengurangi latensi jaringan. Terlebih lagi provider IaaS telah memiliki data center yang tersebar di berbagai wilayah.

5. Meningkatkan Keamanan

Mantaat yang tak kalah penting ketika mengunakan layanan IaaS ini adalah memungkinkan adanya peningkatan standar keamanan yang tinggi. Hal itu, karna adanya proses backup dan pemulihan data yang mudah.

Perbedaan IaaS, PaaS dan SaaS

Layanan Cloud IaaS pada umumnya terlihat sangat mirip dengan layanan cloud lainnya, namun ternyata ada beberapa faktor yang menjadi pembedanya. Berikut adalah faktor-faktor yang menjadi perbedaannya:

1. Tingkat Kontrol

Salah satu faktor yang menjadi pembeda adalah tingkat kontrolnya. Jika pada IaaS (Infrastructure as a Service) user memiliki kontrol penuh atas segala infrastruktur IT seperti server, storage,dan Jaringan. Berbeda dengan Paas yang memungkinkan user hanya dapat mengelola aplikasi dan datanya sendiri, namun untuk pengelolaan infrastruktur dikelola oleh provider. Sebaliknya, jika Anda mengunakan layanan SaaS user hanya mengunakan aplikasi yang disediakan provider tanpa mengunakan infrastruktur pendukung.

2. Penggunaan Utama

Faktor selanjutnya yang menjadi pembeda adalah kegunaannya. Jika pada IaaS digunakan dalam proses membangun dan mengelola infrastuktur IT. Berbeda dengan SaaS yang digunakan untuk memberikan solusi tiap pakai tanpa harus mengembangkan dan mengelola infrastruktur. Selain itu jika Anda menginginkan pengembangan dan pengelolaan aplikasi tanpa perlu memikirkan infrastruktur Anda dapat menggunaka PaaS.

3. Biaya

Dalam proses pembiayaan juga memiliki pembedaan. Hal ini karna, saat penggunaan IaaS biaya yang ditawarkan berdasarkan penggunaan sumber daya. Sebaliknya jika menggunakan PaaS biaya akan dihitung berdasarkan penggunaan platform dan layanan pengembang. Namun jika anda hanya ingin berlanggana berdasarkan pengunaan aplikasi Anda dapat mengunakan layanan SaaS.

Jadi, Infrastructure as a Service (IaaS) adalah model layanan cloud yang dapat menyediakan sumber daya IT seperti server, storage, dan jaringan virtual. Dengan mengunakan IaaS ini, pebisnis juga dapat mengefisiensikan budget. Hal ini karna tidak ada investasi diawal untuk dapat menikmati infrastruktur IT yang akan digunakan.

Demikianlah penjelasan tentang IaaS meliputi pengertian, manfaat, dan perbedaannya. Semoga artikel ini dapat memberikan Anda gambaran dalam pemilihan layanan cloud computing yang dapat digunakan dalam bisnis Anda.

Namun jika Anda tidak ingin repot dalam pemilihan cloud computing, Anda dapat berkonsultasi dengan Evetech. Karna kami memiliki jasa pembuatan aplikasi yang memanfaatkan IaaS, PaaS, dan SaaS yang dapat membantu dalam mengembangkan bisnis Anda.

Segera hubungi team marketing kami, dan temukan kebutuhan solusi dari bisnis.

You May also like

Let's Create Together!

Ready to boost your digital presence? Contact us to discuss how
Evetech Solution turns your ideas into captivating visual realities that drive results.