Platfrom as a Service (PaaS): Pengertian dan Manfaatnya

August 7, 2024

sample
Share Article

Di era sekarang ini, istilah cloud computing sudah sering didengar. Hal ini didorong oleh dengan ada perkembangan sistem informasi seperti virtualisasi dan konektivitas internet.

Sering dengan adanya perkembangan teknologi cloud, terdapat juga perkembangan layanan cloud. Salah satu layanan tersebut adalah layanan PaaS (Platform as a Service) yang memungkinkan untuk developer membangun, menguji, dan menerapkan aplikasi tanpa adanya infrastruktur yang besar.

Selain itu, dengan penggunaan layanan PaaS ini maka akan mengefisiensikan pembuatan aplikasi karna adanya serangkaian tool pengembangan dan layanan pendukung lainnya.

Agar Anda lebih jelas tentang apa itu PaaS (Platfrom as a Service)? Yuk simak selengkapnya pada artikel ini, karna akan membahas tentang layanan PaaS mulai dari pengertian, cara kerja, jenis-jenis, hingga karateristiknya.

Pengertian PaaS

Platfrom as a Service atau yang disingkat PaaS adalah model layanan cloud computing yang disediakan oleh pihak ketiga atau provider dalam merencanakan, menguji, dan mendeploy sebuah aplikasi.

Dengan mengunakan PaaS maka developer dapat fokus pada pengembangan aplikasi saja, tanpa harus mengkhawatirkan bagaimana infrastruktur dasar seperti: server, jaringan atau alat pengembang lainnya. Yang menarik dengan adanya layanan PaaS ini adalah biaya yang dikeluakan lebih efisien. Hal itu dikarnakan, pembayaran berdasarkan dari kapasitas penggunaan.

Manfaat Penggunaan PaaS

Dengan mengunakan layanan PaaS ini dalam pembuatan aplikasi dapat membantu mengefisiensi produktifitas. Selain itu terdapt manfaat lain yaitu:

1. Menghemat Budget

Salah satu manfaat ketika mengunakan layanan PaaS ini adalah dapat menghemat biaya pengelolaan infrastruktur dan aspek teknis lainnya. Hal ini karna biaya yang dibayarkan kepada provider dibebabkan ke penguna berdasaran penggunaan yang mereka butuhkan.

2. Mengefisiensikan Produktifitas

Selain menghemat waktu, dengan penggunaan PaaS juga bermanfaat untuk mengingkatkan produktifitas. Hal ini karna developer dapat berfokus pada pengembangan saja tanpa harus memikirkan infrastruktur lainnya. Selain itu dengan pengunaan PaaS ini juga akan mempercepat ngembangan aplikasi karna dapat mengunakan bantuan tools dan bahasa pemrograman yang disediakan.

3. Meningkatkan Skalabilitas

Dengan adanya layanan PaaS ini memungkinkan penyesuaian dalam ukuran dan kapasitas lingkungan yang digunakan dalam pengembangan aplikasi, sehingga jika nanti terdapat kebutuhan masih dapat diubahnya. Karna dengan penggunaan PaaS ini akan memudahkan dalam menambah atau mengurangi sumber daya seperti server.

4. Meningkatkan Keamanan

Penggunaan PaaS juga menyediakan layanan keamaan dengan mengunakan lapisan keamanan yang tinggi, termasuk dalam melindungi terhadap serangan siber. Selain itu dengan mengunakan layanan berbasis cloud ini maka penyedia layanan (provider) menangani pembaruan keamanan yang ada pada infrastrukur.

5. Memudahkan Manajemen Infrastruktur

Manfaat selanjutnya yang akan didapat ketika menggunakan layanan PaaS ini adalah memudahkan manajemen infrastruktur daalam pemantauan sumberdaya seperti server dan data base.

Jenis-Jenis PaaS

Platfrom as a service (PaaS) adalah sebuah layanan cloud computing yang memudahkan dalam pengembangan aplikasi software secara efisien. Dengan mengunakan layanan ini maka developer dapat berfokus pada tahap pengembangan, menguji, dan infratruktur. Berikut adalah jenis PaaS yang dapat anda ketahui:

1. Public PaaS

Salah satu jenis PaaS yang menawarkan fleksibelitas dan skabilitas tinggi yaitu public PaaS. Dengan mengunakan public PaaS ini maka user dapat mengontrol proses instalasi software dan provider cold mengelola pengiriman infastrukur yang dibutuhkan IT ke hosting aplikasi.

2. Private PaaS

Jenis salanjutnya yaitu Private PaaS, dengan penggunaan layanan tersebut maka memugkinkan organisasi/lingkungan pribadi memiliki kontrol penuh dengan adanya infrastruktur dan kebijakan privasi.

3. Hybrid PaaS

Terdapat pula layanan PaaS yang menggabungkan elemen public dengan private yaitu Hybrid PaaS. Dengan mengunakan layanan Hybrid PaaS ini maka memungkinkan adanya tingkat fleksibelitas dengan kapasitas yang tidak terbatas yang dimiliki public PaaD dan memiliki biaya yang terjangkau seperti pada Private SaaS.

Cara Kerja PaaS

Layanan Platfrom as a service ini menyediakan tool yang berguna. Namun tools yang ada pada layanan ini bukan 100% dapat menggantikan seluruh kinerja infrastuktur IT yang diperlukan pada tahap pengembangan software.

Melalui penggunaan PaaS, memungkinkan pengguna untuk dapat mengakses layanan melalui web browser. Dengan adanya antarmuka yang disediakan oleh penyedia PaaS, maka memungkinkan developer akan mudah dalam mengelola berbagai fitur dan alat yang diperlukan dalam mendeploy aplikasi seperti hosting, web server, dan data base.

Dengan layanan yang disediakan oleh layanan PaaS seperti: design, deploy, integrasi web service, integrasi database, informasi keaman, kolaborasi tim developer, trial, serta penerapan aplikasi.

Jadi Platform as a Service atau yang dikenal PaaS adalah sebuah layanan cloud yang digunakan untuk mengembangkan dan menerapkan aplikasi. Melalui PaaS ini memungkinkan pengembangan dapat membangun, menguji, dan mendeploy sebuah aplikasi.

Dengan memanfaatkan teknologi PaaS ini maka pengguna dapat mengontrol secara langsung pengoperasian aplikasi tanpa harus memikirkan infrastruktur yang ada seperti OS, Data base, ataupun server.

Sebagai pernyedia solusi IT di Indonesia, Evetech solution dapat memberikan pelayanan terhadap proses pembuatan aplikasi berbasis layanan PaaS Seperti AWS dan Goggle Cloud Service.

Tidak hanya aplikasi berbasis PaaS saja, namun Evetech tentunya dapat memberikan solusi terbaik untuk mendampingin proses transformasi perusahaan Anda dengan memanfaatkan teknologi digital.

Jika Anda berminat dalam mengunakan Jasa Pembuatan Software dan Aplikasi, Evetech adalah solusinya. Karna kami, akan memberikan solusi dengan mengunakan software IT dari permasalah yang Anda miliki.

Dapatkan penawaran lebih lanjut dengan menghubungi tim marketing dari evetech solution

You May also like

Let's Create Together!

Ready to boost your digital presence? Contact us to discuss how
Evetech Solution turns your ideas into captivating visual realities that drive results.