Node.js: Pengertian, Fungsi, dan Cara menginstalnya

September 4, 2024

sample
Share Article

Bagi Anda yang tidak terjun ke dunia programmer, Node.js cukuplah asing untuk didengar. Namun bagi programmer, Node.js ini sangatlah populer dalam membangun sebuah aplikasi/web. Dengan adanya platform node.js ini, memungkinkan JavaScript tidak sebagai bahasa penyempurna tampilan situs web saja, namun dapat digunakan dalam menjalankan berbagai aplikasi server-side.

Nah agar Anda dapat memahami apa itu Node.js? Melalui artikel ini, Evetech Solution akan menghadirkan artikel yang membahas tentang Node.js meliputi definisi, fungsi, keunggulan, dan cara menginstalnya.Yuk simak selengkapnya pada artikel ini!!

Pengertian Node.js

Node.js adalah salah satu jenis software open-source yang digunakan dalam pengembangan aplikasi berbasis web. Itu berarti, node.js ini dapat digunakan untuk membangun sebuah aplikasi jaringan dan aplikasi server-side yang real-time dan dapat dikembangkan sesuai dengan kebutuhan (scalable).

Pada dasarnya, Node.js diciptakan oleh Ryan Dahl untuk mempermudah proses pengeoperasian JavaScript yang hanya dapat dieksekusi melalui web browser dalam pengembangan frontend. Hal itu, yang akan menyulitkan developer karena harus mempelajari banyak bahasa untuk pengembangan aplikasi frontend and backend.

Tak hanya itu, dengan adanya node.js memungkinkan untuk memudahkan pengembangan aplikasi, terlebih dengan beberapa library/module yang ada.

Fungsi Node.js

Node.js adalah sebuah platform yang dapat membantu dalam pengembangan aplikasi. Tak hanya itu saja Node.JS juga memiliki fungsi lain yaitu:

1. Proxy sisi server

Salah satu fungsi dari penggunaan Node.Js adalah dapat digunakan untuk mengelola banyak koneksi dengan cara yang efisien. Tak hanya itu, sebagai proxy server-side yang baik dengan mengumpulkan data dari berbagai sumber daya pihak ketiga. Sehingga nantinya, platform ini dapat digunakan untuk membuat aplikasi client-side dalam mengelola aset dan permintaan API proxy/stub.

2. Data streaming

Fungsi selanjutnya dari node.js adalah dapat memberikan mendukung streaming data. Melalui hal ini, maka memungkinkan pengembangan mengirim dan menerima data secara bertahap tanpa harus menunggu data selesai dikirimkan dalam bentuk file, permintaan http, ataupun format lainnya.

3. Rest API

Terdapat pula beberapa paket, yang dapat digunakan dalam platform node.js untuk membuat aplikasi sebagai dasar REST API yang ringan dan cepat seperti Express.js dan koa.js

4. Single Page Application (SPA)

Selanjutnya Node.js dapat berfungsi untuk backend dalam SPA (Single Page Application). Jadi dengan platform ini, dapat menyediakan berbagai layanan dalam pengembangan SPA seperti penyimpanan data, autentikasi, dan logika bisnis lainnya.

5. Chatting secara Real-Time

Seperti yang telah dibahas pada fungsi sebelumnya, bahwa node.js dapat menangani banyak koneksi yang simutan sehingga menjadikan platform ini cocok untuk mengembangkan aplikasi chatting secara real-time

Keunggulan Node.js

Node.js adalah sebuah platform yang menyediakan beragam library javascript untuk menyederhanakan pembuatan aplikasi. Selain itu, Node.js juga memiliki keunggulan lain seperti:

1. Bersifat Asynchronous

Keunggulan yang pertama dari platform node.js adalah bersifat asynchronous yang membuatnya seluruh permintaan data dapat langsung diterima tanpa harus memblokir thread/proses lain yang sedang berjalan. Kecepatan

Selanjutnya, yang menjadikan keunggulan dari node.js adalah dapat mengeksekusi kode lebih cepat (dibandingkan PHP dan Java) sehingga nantinya dapat menangani request secara bersamaan. Yang tak kalah menarik dengan menggunakan platform ini adalah mendukung 2 komponen yang dapat meningkatkan kecepatan pemrograman dalam node.js yaitu: google chrome dan libuv library.

2. Open Source

Keunggulan selanjutnya dari node.js adalah sifatnya yang open source. Hal itu berarti, dapat digunakan secara gratis tanpa harus membayar lisensinya ke developer. Selain itu, pengguna lain dapat bebas untuk memodifikasi source code dengan bebas dan menghasilkan hasil modifikasinya sebagai inovasi baru.

2. Komunitas Yang Besar dan Aktif

Dengan sifatnya yang opensource ini, membuat node.js memiliki komunitas yang besar. Hal ini menjadikan orang dapat berkontribusi untuk meningkatkan penggunaan node.js untuk dapat berkembang dan menjadi lebih baik lagi.

Cara Menginstal Node.js

Node.js adalah sebuah framework yang sangat dibutuhkan oleh pembuatan aplikasi seperti laravel. Agar node.js dapat digunakan berikut adalah cara menginstal NodeJS sesuai dengan sistem operation yang Anda gunakan:

1. Windows

Jika Anda menggunakan sistem operasi windows berikut Anda mendownload installer melalui website, jika sudah Anda dapat mengklik software installer tersebut untuk memulai proses instalasi. Jika jendela setup telah terbuka Anda dapat mengikuti panduan seperti instalasi lainnya pada windows.

2. macOS

Jika Anda menggunakan sistem operasi mac OS dan ingin menginstal node.JS, caranya sama seperti windows. Anda dapat mendownload installer melalui website, jika sudah Anda dapat mengikuti panduan instalasi aplikasi pada umumnya.

3. Linux

Berbeda dengan instalasi pada kedua OS diatas, jika Anda menggunakan linux anda memerlukan package manager untuk menginstalnya. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat anda terapkan pada Ubuntu 14.04 LTS ke atas dengan menjalan perintah berikut:

curl -sL https://deb.nodesource.com/setup_4.x | sudo -E bash - sudo apt-get install -y nodejs sudo apt-get install -y build-essential

Setelah menginstal langkah selanjutnya Anda dapat mengecheck proses instalasi Node JS sudah terinstal dengan baik dan sudah terdaftar di path (untuk windows) dengan cara membuka jendela baru terminal/cmd dengan mengetikan perintah berikut:

node -v npm -v

Dengan memasukan kedua perintah tersebut maka anda dapat mengecek nomor versi nodejs dan npm. Jika nomor versi telah muncul maka nodejs dan npm dapat digunakan.

Semoga informasi diatas dapat memberikan pemahaman tentang apa itu nodejs. Jika anda ingin membuat aplikasi dengan framework node js namun tidak memiliki developer yang menguasai, Anda dapat menyerahkannya pada Evetech. Karena kami telah berpengalaman dengan framework node.js dalam pembuatan aplikasi. Anda dapat mengunjungi portofolio kami terkait project nodeJS.

Yuk hubungi kami dan dapatkan penawaran tentang pembuatan aplikasi.

You May also like

Let's Create Together!

Ready to boost your digital presence? Contact us to discuss how
Evetech Solution turns your ideas into captivating visual realities that drive results.