Manfaat Penggunaan Artificial Intelligence Untuk Bisnis

September 9, 2024

sample
Share Article

Diera sekarang ini AI (Artificial Intelligence) sangatlah hangat untuk dibicarakan. Terlebih lagi AI di ramalkan dapat mempermudah manusia dalam berkerja.

Namun pastinya Anda akan bertanya-tanya memang apa itu AI? Kok bisa membantu manusia bekerja?. Agar dapat menjawab pertanyaan tersebut, Evetech melalui artikel ini akan membahas tentang AI (Artificial Intelligence) meliputi definisi, dan 10 manfaatnya.

Yuk simak artikel selengkapnya!!

Pengertian Artificial Intelligence

Artificial Intelligence atau yang disingkat AI adalah teknologi yang dapat meniru kemampuan intelektual manusia. Terlebih dengan adanya AI ini, memungkinkan untuk sistem komputer dapat belajar, berfikir, hingga menyelesaikan tugas dengan cepat dan efisien.

Jadi, AI bekerja dengan algoritma tertentu agar dapat mengumpulkan, memproses, dan menganalisis data untuk membuat keputusan berdasarkan pola tertentu. Dengan adanya AI, pekerjaan manusia akan mendapatkan peningkatan produktivitas di berbagai bidang. Terutama dalam industri bisnis, Artificial Intelligence (AI) dapat dimanfaatkan untuk mengotomatisasi tugas-tugas tertentu seperti menggunakan chatbot untuk layanan pelanggan. Sehingga karyawan dapat fokus dengan pekerjaan lain yang lebih strategis dan kreatif.

Baca Juga: Agent AI: Manfaat, Komponen & Cara Kerjanya

Manfaat Artificial Intelligence dalam Bisnis

AI (Artificial Intelligence) adalah sebuah teknologi yang dapat meningkatkan produktivitas. Tak hanya itu saja ternyata AI memiliki manfaat lain yaitu:

1. Memiliki Peran Sebagai Pengambil Keputusan

Manfaat utama yang dapat dirasakan dalam bisnis, jika menggunakan AI adalah dapat mendukung pengambil keputusan. Hal ini karena Aku telah dirancang agar dapat mengambil keputusan dengan menganalisis pola tertentu. Sehingga nantinya dapat memberikan prediksi pasar dan kebutuhan pelanggan di masa mendatang. Menjadikan Layanan Pelanggan yang Lebih Interaktif Dengan adanya kecerdasan buatan, maka bisnis dapat meningkatkan fitur layanan pelanggan yang lebih canggih. Terutama pada saat melayani dan berinteraksi dengan pelanggan secara virtual. Walaupun berbentuk sebuah chatbot, namun layanan ini dapat memahami bahasa manusia karena telah dilengkapi teknologi NLP (Neuro Linguistic Programming).

Dengan adanya chatbot ini maka dapat membantu dalam menganalisa data pengguna dan memberikan respon yang personal sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Tak hanya itu, jika nantinya IA telah berkembang memungkinkan chatbot untuk bisa memberikan kesan interaktif dengan menampilkan gambar atau video.

2. Meminimalkan Human Error

Tak hanya itu, penggunaan AI juga dapat membantu untuk meminimalkan human error. Terlebih, biasanya manusia dapat melakukan kelalaian dari segi administrasi maupun operasional. Untuk itu AI diciptakan agar dapat mengotomatisasi tugas bisnis secara rutin.

Tak hanya itu, AI saat ini juga tidak pernah lelah untuk di kembangkan agar nantinya lebih baik lagi dari sebelumnya.

3. Mengelola Rantai Pasokan

Jika industri Anda, telah memanfaatkan sistem ERP maka AI dapat diintegrasikan. Tujuannya adalah membantu peningkatan efisiensi manajemen rantai pasok. Sehingga nantinya proses bisnis seperti perencanaan, permintaan, dan pengelolaan dapat lebih efisien.

Hal itu didorong dengan adanya analisis prediktif AI yang membuat peramalan lebih realistis sesuai dengan hasil analisa laporan yang ada. Tak hanya itu, AI untuk Industri juga dapat membantu untuk melakukan observasi terhadap permintaan pelanggan agar nantinya dapat memberikan prediksi waktu terbaik untuk memesan ulang stok.

4. Terintegrasi dengan Server Lokal dan IoT

Tak hanya itu, Artificial Intelligence (AI) juga dapat diintegrasikan oleh Internet of Things (IoT) dan server lokal sehingga nantinya dapat memproses dan menyimpan aplikasi perusahaan dengan lebih efisien. Sehingga nantinya data dapat diproses lebih cepat karena telah memiliki data secara lokal.

Selain itu, dengan penggunaan server lokal maka akan meningkatkan keamanan data dan menginterpretasikan data secara realtime.

5. Membantu Pemasaran

Manfaat lain ketika Anda menggunakan AI dalam bisnis, maka dapat membantu dalam menganalisa data pengguna dan riwayat pembelian. Sehingga nantinya dengan data tersebut, maka marketing akan membuat konten yang lebih personal dengan berdasarkan data yang ada.

Hal ini yang memungkinkan untuk tim marketing dapat mengarahkan ke target market yang spesifik. Meningkatkan Keamanan Informasi Perusahaan Dengan adanya AI ini dapat juga digunakan untuk mendeteksi, mencegah, dan merespon ancaman siber. Sehingga nantinya tim IT dapat menangani ancaman secepat mungkin. Terutama jika adanya kecerdasan buatan maka dapat membantu untuk melacak aktivitas yang mencurigakan seperti serangan cyber.

Selain itu Ia juga dapat bermanfaat untuk membantu dalam menemukan resiko atau ancaman di kemudian hari. Terlebih saat ini artificial intelligence juga telah dilengkapi teknologi blockchain yang memungkinkan dapat memberikan peningkatan transparansi dan keamanan.

6. Mengotomatisasi Proses di Industri Manufaktur

Jika Anda bergerak di industri manufaktur, teknologi ini dapat digunakan untuk mengelola dan mengendalikan mesin produksi sehingga meningkatkan produktivitas dan efisiensi. Dengan melihat data, sistem AI dapat secara otomatis melakukan quality control. Selain itu, sistem otomatisasi ini dapat disesuaikan secara real-time dengan permintaan pasar. Ini menjamin bahwa produk dibuat tanpa bantuan manusia dengan memenuhi standar kualitas.

AI juga dapat mengontrol robot industri untuk melakukan tugas seperti pengelasan, perakitan, dan pemindahan produk. Robot industri ini memiliki kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan perubahan dan melakukan tugas tersebut dengan sangat akurat. Dengan IoT, kecerdasan buatan memungkinkan berbagai perangkat dan sensor berkomunikasi dan berkolaborasi satu sama lain.

7. Memanfaatkan AI untuk Pengembangan Produk

Dengan adanya teknologi AI maka memungkinkan untuk membantu pengembangan bisnis. Terutama untuk menemukan ide desain baru dan menyederhanakan proses perancangan produk. Terlebih lagi, kecerdasan buat ini dapat membantu untuk membuat prototipe virtual untuk menguji ide. Hal itu yang dapat menghemat biaya dan waktu pengembangan.

8. Menganalisis Big Data

Manfaat lain dari penggunaan AI pada bisnis adalah kemampuan untuk mengenali pola dan hubungan kompleks dalam data berukuran besar yang sulit dideteksi oleh metode konvensional.

Dengannya algoritma ini, mesin AIR akan memiliki kemampuan untuk mengelompokkan data secara otomatis berdasarkan pola data tertentu. Sehingga dapat memahami preferensi pelanggan terhadap produk dan merek Anda dengan melihat apa yang ditulis dalam teks, ulasan, dan konten online lainnya.

Jadi dengan adanya teknologi Artificial Intelligence (AI) ini dapat membantu dalam mengefisiensikan pekerjaan. Terlebih dengan berbagai manfaat yang dapat diperoleh bagi industri bisnis dengan memanfaatkan kecerdasan buatan ini seperti meminimalkan human error, mengelola rantai pasok, dan dapat membantu pemasaran. Tak hanya itu saja, pemanfaat AIR juga dapat membantu dalam mengotomatisasi proses bisnis sekaligus menganalisis big data.

Selain pengguna kecerdasan buatan ini, dalam mengefisiensikan proses bisnis Anda dapat menggunakan sistem ERP (Enterprise Resource Planning). Terlebih dengan menggunakan sistem ERP ini Anda akan mudah melakukan perencanaan, pengelolaan, dan pendistribusian dengan lebih baik lagi. Sistem ERP juga dapat diintegrasikan dengan AI agar dapat memprediksi dari secara real dengan data yang diperoleh.

Jika Anda menginginkan ERP management, namun Anda bingung dalam mengembangkannya secara mandiri. Anda dapat menggunakan jasa pembuatan sistem erp dari Evetech Solution. Karena kami dapat men develop erp sesuai dengan permintaan dan kebutuhan Anda.

Yuk hubungi tim kami dan dapatkan penawaran menarik tentang jasa pembuatan ERP System.

You May also like

Let's Create Together!

Ready to boost your digital presence? Contact us to discuss how
Evetech Solution turns your ideas into captivating visual realities that drive results.