LMS (Learning Management System): Pengertian dan Manfaatnya

August 14, 2024

sample
Share Article

Seiring dengan meningkatnya ilmu pengetahuan dan teknologi, mendorong pula perkembangan sistem pelajaran. Terutama pada industri yang telah menyelenggarakan pembelajar jarak jauh.

Dengan memanfaatkan LMS (Learning Management System), Instansi pendidikan dapat membuat platform belajar yang fleksibel dan interaktif. Terlebih dengan, beberapa fitur inovasi yang ada, menjadikan LMS sebagai solusi kebutuhan yang ideal untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran diera digital.

Lalu emang apa itu LMS? emang bisa menjadi solusi kebutuhan belajar? Agar dapat menjawab pertanyaan tersebut, melalui artikel ini Evetech Solution akan membahas tentang LMS (Learning Management System) meliputi: pengertian, manfaat, fitur, dan kekurangan dari LMS. Yuk simak selengkapnya!!

Pengertian LMS (Learning Management System)

Learning Management System (LMS) adalah salah satu media digital yang dibuat dalam mendukung aktivitas pembelajaran seperti pengelolaan, penyampaian, dan evaluasi pembelajaran secara online.

Dengan adanya LMS ini, maka institusi pendidikan dapat membuat metode pembelajaran yang interaktif dan efisiens dengan menggabungkan unsur teknologi.

Pada awal 1990-an merupakan sejarah awal pengembangan LMS dilakukan yaitu dengan mengunakan teknologi untuk memenuhi kebutuhan akan management pembelajaran yang lebih efisien. Lalu, dengan adanya perkembangan teknologi yang pesat, pada tahun 2000-an diluncurkan LMS yang menjadi cikal bakal perkembangan yang lebih baik di era sekarang ini.

LMS pada dasarnya memiliki tujuan agar instansi pendidikan dapat memudahkan pengajar dalam mengelola kurikulum, melacak kemajuan siswa, dan dapat selalu berkomunikasi kapan pun dan dimanapun. Tak hanya itu saja, dengan adanya sistem LMS ini maka dapat memberikan kemudahan siswa dalam mengakses materi tanpa ada batasan tempat maupun waktu.

Manfaat LMS (Learning Management System)

LMS (Learning Management System) adalah sebuah software yang memudahkan untuk dalam aktifitas pembelajaran seperti perencanaan, pengelolaan, dan evealuasi pembelajaran. Tak hanya itu saja, LMS jugaa memiliki manfaat lain seperti:

1. Menghemat Waktu dan Biaya

Salah satu manfaat penggunaan LMS adalah dapat menghemat waktu dan biaya. Hal ini karna saat Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) tidak memerlukan ruangan untuk berpindah. Selain itu, dengan adanya LMS ini maka instansi pendidikan dapat menghemat biaya.

Hal itu karna, tidak perlu untuk melakukan pengadaan buku, atau materi secara fisik. Dengan kata lain, siswa dapat langsung mengunduh atau membaca e-book melalui softare yang disediakan instansi pendidikan.

2. Memudahkan Monitoring dan Evaluasi

Manfaat selanjutnya dengan kehadiran dari LMS adalah memudahkan dalam proses monitoring evaluasi. Hal itu dikarnakan, melalui penggunaan sistem ini siswa dapat mengumpulkan tugas dan nantinya instruktur dapat melacak kemajuan dari belajar. Sehingga nantinya, jika pendidik ingin mengevaluasi proses belajar siswa dapat lebih efektif.

3. Mempersonalisasikan Pembelajaran

Dengan penggunaan sistem LMS ini, maka memungkinkan untuk disesuaikan dengan kebutuhanan individu. Dimana, peserta didik dapat belajar sesuai dengan kecepatan dan gaya belajar mereka masing-masing.

Terlebih lagi, LMS (Learning Management System) dirancang untuk dapat menampung beragam format dokumen seperti video, gambar, pdf, maupun file lainnya.

4. Memudahkan komunikasi yang lebih baik

LMS juga memberikan manfaat untuk dapat memudahkan untuk berkomunikasi dengan baik. Terutama dalam LMS biasanya menyediakan fitur interaktif seperti forum diskusi atau ruang obrol. Dengan adanya fitur interaktif ini, juga akan memungkinkan peserta didik dan pengajar dapat berkomunikasi kapan pun dan dimana pun, tanpa adanya batasan tempat dan waktu.

5. Meningkatkan flexibelitas

Manfaat terpenting lainnya, ketika mengunakan LMS ini adalah dapat membuat pembelajaran lebih fleksibel dan paktis. Karna pembelajaran dapat diakses dari mana saja melalui jaringan internet. Selain itu, LMS juga memungkinkan peserta didik untuk dapat belajar sesuai dengan jadwal mereka masing-masing selama mereka fokus dan memiliki tempat kondusif untuk belajar.

Fitur dari LMS (Learning Management System)

LMS dapat didefinisikan sebagai software pembelajaran yang dapat di mengelola aktifitas pembelajaran, sehingga para siswa dengan mudah mengakses pembelajaran. Berikut adalah fitur penting yang ada di LMS:

1. User Interface (UI)

Salah satu fitur penting dalam LMS (Learning Management System) adalah tampilannya. Dengan tampilan yang menarik, maka akan memberikan peningkatan kualitas pengunaan.

2. Kelas Online

Fitur yang selanjutnya dengan adanya LMS adalah dapat membuat kelas online. Dimana nantinya saling siswa dan pengajar dapat menciptakan lingkungan virtual untuk saling berkomunikasi dan memberikan materi secara realtime.

3. Ujian Online

LMS juga memiliki fitur untuk mendukung proses evaluasi proses belajar mengajar. Hal ini dapat dilakukan dengan manfaat platform tersebut untuk membuat dan melaksanakan test. Tak hanya itu sana, untuk penilaiannya pun dapat langsung didapatkan pada LMS.

Kekurangan LMS

Dengan adanya LMS, maka kelas dapat diakses tanpa ada halangan waktu dan tempat. Namun, LMS juga memiliki kekurangan yaitu:

1. Membutuhkan Akses Internet

Salah satu kekurangan dari LMS adalah memerlukan akses internet. Hal ini yang menyebabkan LMS tidak dapat diakses pada lokasi-lokasi yang memiliki jaringan internet kurang stabil. Hal ini yang menyebabkan, Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dapat mengalami keterlambatan.

2. Kurangnya interaksi Guru dan Siswa

Kekurangan selanjutnya, karna LMS dapat diakses dari mana saja. Maka, membuat interaksi tidak dapat secara real-time.

Jadi LMS adalah learning management system yang dapat memberikan kemudahan dalam proses belajar. Selain itu, dengan penggunaan LMS ini maka instansi pendidikan akan lebih mudah dalam merencanakan, mengelola kurikulum, membuat kelas virtual, ataupun melakukan evaluasi.

Tak hanya sekedar itu saja, jika lingkungan pendidikan memiliki LMS maka akan mendapatkan manfaat seperti: menghemat biaya, dapat melakukan personalisasi dalam belajar, hingga kelas lebih fleksibel dan dapat diakses kapanpun dan dimanapun.

Namun dengan beragamnya manfaat menggunakan sistem LMS, ternyata sistem pembelajaran ini juga memiliki kekurangan yaitu harus selalu terhubung ke internet.

Demikianlah pembahasan tentang LMS (Learning Management System), Semoga dapat membantu Anda lebih memahami LMS beserta manfaat, fitur, dan kekurangnya.

Jika Anda bekerja di lingkungan instansi pendidikan dan ingin memiliki sistem LMS secara mandiri. Namun, belum memiliki sumber daya untuk mengembangkannya. Serahkan saja pada evetech solution, karna kami dapat mengembangkan software LMS yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan instansi pendidikan Anda.

Segera hubungi kami dan dapatkan penawaran menarik LMS.

You May also like

Let's Create Together!

Ready to boost your digital presence? Contact us to discuss how
Evetech Solution turns your ideas into captivating visual realities that drive results.