Flutter: Pengertian, Manfaat, dan Cara kerjanya

August 20, 2024

sample
Share Article

Pada saat membuat aplikasi baik web atau mobile, elemen visual tak boleh diabaikan. Hal itu, dikarenakan dengan tampilan yang menarik maka akan menciptakan pengalaman pengguna dalam mengakses aplikasi.

Namun, untuk dapat menemukan desain yang menarik perlu adanya trial and error. Salah satu cara yang dapat digunakan adalah dengan flutter yang dapat membantu developer dalam membuat aplikasi yang digunakan melalui web ataupun mobile apps.

Pemanfaatan flutter dalam membangun sebuah aplikasi, tentunya akan mempermudah dalam proses pembuatan aplikasi.

Bagi Anda yang bukan dari UI/UX design, pastinya akan bertanya-tanya? memang apa itu flutter ? Memangnya bisa mempermudah pengerjaan dalam mendesain?. Agar dapat menjawab pertanyaan tersebut, melalui artikel ini Evetech Solution akan menjelaskan tentang flutter meliputi pengertian, manfaat, kelebihan, dan kekurangan. Yuk simak selengkapnya dalam artikel ini.

Pengertian Flutter

Flutter adalah sebuah framework yang digunakan dalam membangun sebuah UI yang menarik dan dapat juga dalam menyusun sebuah aplikasi native di seluruh platform.

Flutter dikenalkan secara resmi pada tahun 2018 untuk membangun aplikasi mobile/web dengan menggunakan satu baris code. Namun, tahukah Anda bahwa flutter sebenarnya telah dikembangkan oleh google sejak 2015 lalu dengan nama Sky rilis stabil 1.0.

Popularitas flutter mulai meroket di tahun 2019 yang membuatnya sekarang ini flutter banyak digunakan. Terlebih lagi, dengan adanya framework tersebut maka proses pembuatan antarmuka pengguna (UI) menjadi indah dan memiliki performa yang tinggi. Sehingga, sekarang ini banyak sekali aplikasi berbasis flutter tampil di apps store dan google play seperti: Hamilton, Alibaba, dan Google Ads.

***Baca Juga: *** Apa itu figma: Fungsi, Fitur dan Cara Kerjanya

Manfaat Flutter

Flutter adalah sebuah framework open-source yang dikembangkan oleh google dalam mempermudah dalam pembuatan aplikasi. Tak hanya itu saja flutter juga memiliki manfaat lain yaitu:

1. Meningkatkan Pengembangan Aplikasi

Salah satu manfaat ketika developer menggunakan framework ini adalah dapat meningkatkan pengembangan aplikasi. Terlebih lagi, dengan penggunaan framework ini menawarkan 2 fitur yang menarik yaitu user interface widgets yang memungkinkan untuk membuat coding tidak dimulai dari nol. Selain itu terdapat hot reload yang memungkinkan untuk team dapat melakukan pekerjaan sesegera mungkin.

2. Membuat design tampilan yang menarik

Manfaat selanjutnya dari penggunaan flutter adalah membuat design tampilan yang menarik. Hal ini karena, dengan menggunakan framework flutter maka semua elemen dapat dikustomisasi dengan mudah. Terlebih lagi, framework ini memiliki widget yang dapat membantu dalam mengatur penampilan atau bahkan adanya animasi.

3. Menghemat Budget pengembangan

Dengan penggunaan flutter ini maka memungkinkan untuk dapat menghemat budget dalam mengembangkan aplikasi. Hal tersebut terjadi, karena developer tidak perlu untuk membuatnya dari nol untuk platform yang beda. Itu berarti perusahaan dapat memaksimalkan sumber daya, terlebih dengan adanya optimasi sumber daya ini makan satu development akan dapat mengerjakan keseluruhan platform.

4. Meningkatkan Dukungan Lintas Platform

Flutter memberikan pengalaman pengembangan aplikasi lintas platform (Cross-platform). Aplikasi yang dibuat tidak hanya untuk mobile atau web/desktop saja. Namun dapat dikembangkan keduanya, terlebih lagi pada penggunaan framework ini memungkinkan developer untuk menggunakan kode dengan basis tunggal.

5. Meningkatkan Performa

Aplikasi yang memanfaatkan framework flutter ini dapat menawarkan performa yang tinggi dan responsif diberbagai platform. Terlebih lagi dengan adanya mesin rendering sendiri (Skia) yang membuat pengembangan UI akan lebih cepat dan halus walaupun menggunakan frame rate tinggi.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Software House di Solo

Kelebihan Flutter

Flutter adalah framework yang dapat mempermudah developer dalam membuat aplikasi untuk multiplatform. Berikut adalah kelebihan dari flutter:

1. Penulisan kode lebih cepat

Seperti yang telah diketahui, flutter dapat menggunakan satu baris kode untuk mengembangkan aplikasi mobile ataupun desktop. Hal itu akan memungkinkan pengembangan aplikasi lebih cepat karena tidak memerlukan coding dari awal dan berbeda-beda.

2. Mudah dipelajari

Tahukan Anda bahwa flutter menggunakan bahasa pemrograman dart, yang mungkinkan untuk lebih mudah dipelajari oleh pemula. Terlebih lagi sintaks yang digunakan sangat mirip dengan java atau C++

Kekurangan Flutter

Dengan manfaat dan kelebihan yang beragam, penggunaan framework flutter ini memiliki kekurangan yaitu:

1. Ukuran File yang Besar

Salah satu kekurangan dari penggunaan flutter ini adalah ukuran file yang cenderung besar. Hal ini akan membuat aplikasi tersebut memakan banyak memori, dan nantinya membuat pengunaa untuk tidak suka dengan file ukuran yang besar.

2. Belum Lengkap Library nya

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, flutter mulai dikembangkan tahun 2018. Maka, terdapat beberapa library yang belum lengkap sehingga tidak semua fungsi dapat ditemukan pada flutter. Namun tenang saja, karna flutter ini diberikan dukungan dari google, sehingga akan diprediksi library yang disediakan akan terus meningkat.

Cara Kerja Flutter

Flutter adalah sebuah framework untuk membangun aplikasi dengan menggunakan bahasa pemrograman Dart. Basa ini sekilas mirip dengan sintaks JavaScript dan C++ namun dikembangkan oleh google. Agar Anda lebih paham tentang framework flutter, berikut adalah cara kerjanya:

Sebelum mulai dalam mengembangkan aplikasi, developer akan menggunakan bahasa Drat dan widget bawaan. Kemudian developer akan membaginya ke 2 jenis sistem aplikasi mobile yang berbeda.

Jika pengerjaan di Android, maka bahasa Drat dikolaborasikan dengan bahasa C++ dengan menggunakan Android NDK (Native Development Kit). Berbeda jika pengerjaan untuk iOS maka kode tersebut akan di gabungkan dengan LLVM (Low-Level Virtual Machine).

Setelah proses penggabungan telah selesai maka kode tersebut disesuaikan agar dapat digunakan pada cross platform (lintas platform)

Jadi, flutter adalah framework yang berguna untuk membuat aplikasi yang bersifat open source. Hal yang menarik, dari penggunaan framework ini adalah memungkinkan developer untuk mengembangkan aplikasi multiplatform dengan menggunakan satu kode yang sama.

Selain itu, dengan code yang sama tersebutlah maka akan mendorong developer untuk meningkatkan pengembangan aplikasi. Terlebih lagi, dengan menggunakan framework ini maka pembuat aplikasi akan disediakan beberapa widget yang dapat membantu dalam mendevelop aplikasi.

Namun, dengan segala manfaat yang ada, framework flutter ini menawarkan kekurangan seperti masihnya minim library. Terlebih lagi flutter ini cenderung baru yaitu di tahun 2019, banyak fungsi flutter yang masih belum ditemukan.

Semoga penjelasan tentang flutter ini dapat menjawab pertanyaanmu tentang flutter mulai dari pengertian, manfaat, kelebihan, kekurangan, dan cara kerjanya.

Nah bagi Anda yang ingin mengembangkan aplikasi menggunakan framework flutter. Namun terdapat permasalahan terhadap sumber daya yang ada. Anda dapat menggunakan jasa pembuatan aplikasi dari Evetech Solution. Karna kami, menyediakan beragam aplikasi dengan framework yang dapat disesuaikan oleh kebutuhan bisnis Anda.

Yuk hubungi kami sekarang dan dapatkan penawaran spesial dari Evetech Solution.

You May also like

Let's Create Together!

Ready to boost your digital presence? Contact us to discuss how
Evetech Solution turns your ideas into captivating visual realities that drive results.