5 Rekomendasi Aplikasi ERP Open Source

September 3, 2024

sample
Share Article

Diera digital sekarang ini, sistem ERP (Enterprise Resource Planning) sangatlah dibutuhkan dalam perusahaan maupun industri. Hal ini karena, sistem ERP dapat membantu dalam menyederhanakan berbagai proses bisnis ke dalam satu platform yang terpusat.

Dengan adanya sistem ini, maka perusahaan dapat mengotomatisasi tugas rutin mulai dari pengelolaan keuangan, sistem HR, sistem CRM, hingga manajemen inventaris. Selain itu, sistem ERP ini juga memberikan kemudahan dalam mengakses data secara real-time, dan terpusat.

Namun, ternyata dalam membantu proses bisnis yang sederhana. Perusahaan memerlukan investasi yang signifikan, terutama pada segi software, hardware, serta sarana pelatihan. Dalam mendukung pengimplementasian sistem ERP di perusahaan, tak jarang perusahaan menggunakan sistem ERP yang open source.

Agar Anda lebih memahami apa itu sistem erp opensource?. Dalam artikel ini akan membahas tentang sistem ERP opensource meliputi: pengertian, keuntungan, berserta contohnya.

Pengertian Sistem ERP Open Source

Sistem ERP (Enterprise Resource Planning) Open source adalah sebuah software yang dirancang dengan kode sumber yang terbuka, sehingga nantinya siapapun dapat dengan mudah untuk mengunduh, memodifikasi, dan menggunakan sistem ERP secara gratis.

Penggunaan sistem ini, menawarkan fleksibilitas tinggi bagi perusahaan terutama pada proses modifikasi terhadap modul yang ingin digunakan dalam pengembangan. Tak hanya itu saja, dengan penggunaan open source ini biasanya juga dimudahkan dalam proses diskusi antar developer. Hal itu karena terdapatnya komunitas yang aktif dalam mendukung pengembangan sistem ERP.

Keuntungan Menggunakan Sistem ERP Open Source

Penggunaan sistem ERP yang bersifat open source ini mendorong pengembangan semakin mudah. Terlebih Anda sebagai developer diberikan kebebasan untuk dapat memodifikasinya secara gratis. Berikut adalah keuntungan dalam menggunakan sistem ERP open source ini:

1. Menghemat Budget Investasi

Salah satu keuntungan dengan menggunakan sistem ERP opensource ini adalah dapat menghemat budget investasi. Terlebih sifat kode sumbernya yang terbuka, maka perusahaan tidak perlu lagi membayar untuk biaya lisensi dari fitur-fitur yang digunakan. Tak hanya itu saja, penggunaan open source ini membuat perusahaan tentunya tidak perlu berinvestasi pada pembelian dan pengoperasian sistem ERP proprietary.

2. Meningkatkan Fleksibilitas

Tak hanya menghemat budget, dengan tersedianya sifat kode sumber yang terbuka. Maka perusahaan diberikan kebebasan untuk memodifikasi kode sumber sesuai dengan kebutuhan yang spesifik melalui penggunaan modul-modul tertentu. Inilah yang membuatnya, ERP ini lebih fleksibel untuk dapat menyederhanakan proses bisnis.

3. Mendapatkan Dukungan Komunitas

Dengan sifatnya yang terbuka, open source ini memiliki komunitas pengembang yang sangat besar, sehingga nantinya para developer yang membutuhkan pemahaman terhadap penggunaan dan pengembangan dapat melakukan tanya jawab antara satu dengan yang lain.

4. Meningkatkan Skalabilitas

ERP dengan sifat yang opensource ini juga mendorong untuk meningkatkan skalabilitas sesuai dengan pertumbuhan perusahaan. Itu berarti penggunaan ERP ini sangat dapat disesuaikan dengan kebutuhan dari perusahaan Anda.

5 Rekomendasi aplikasi ERP open Source

Penggunaan sistem ERP open source dapat menjadi solusi praktis dan hemat biaya bagi perusahan. Berikut adalah 5 Rekomendasi aplikasi ERP open Source: Odoo

Salah satu jenis ERP open source yang sangat populer adalah sistem Oddo. Sistem ini memberikan kebebasan dan kemampuan integrasi yang sangat luas seperti integrasi manajemen keuangan, sumber daya manusia, logistik hingga lainnya.

1. Dolibarr

Jenis yang selanjutnya adalah sistem ERP yang dikenal karena kemudahan dalam penggunaannya. Seperti pada ERP opensource ini maka tersedia berbagai macam modul yang dapat dipergunakan secara bebas lisensi.

2. Metasfresh

Selanjutnya terdapat software ERP Metafresh yang memberikan banyak pilihan paket interaktif dan intuitif. Yang menariknya sistem ini dapat dengan mudah di host sendiri dan dapat dipergunakan oleh beragam sistem operasi seperti windows, linuk, iOS serta android.

3. Apache OFBiz

Apache OFbiz adalah salah satu jenis aplikasi ERP open source yang dikembangkan untuk memberikan dukungan internal baik dari segi infrastruktur dan proses bisni lainnya.

4. Tryton

Terdapat pula software ERP yang dapat disesuaikan dengan segala kebutuhan bisnis yaitu tryton. Dengan menggunakan software ini maka developer dipermudah dengan adanya berbagai modul yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan mulai dari manajemen penjualan, pembelian, produksi hingga yang lainnya. Yang tak kalah menarik tryton ini dapat diintegrasikan dengan sistem pihak ketiga sehingga dapat membantu peningkatan integrasi bisnis.

Jadi sistem ERP open source adalah sebuah software yang dapat membantu dalam mengefisiensikan proses bisnis namun dikembangkan secara terbuka. Hal ini yang memudahkan sistem aplikasi untuk diakses dan dimodifikasi oleh siapapun tanpa harus membeli lisensi.

Tak hanya itu saja, dengan menggunakan sistem ERP open source ini maka menghemat budget investasi serta meningkatkan fleksibilitas dan skalabilitas. Karena sifatnya open source maka terdapat pula komunitas yang dapat digunakan untuk berdiskusi akan pengembangan software ERP tersebut.

Jenis-jenis software ERP yang dapat diimplementasikan pada perusahaan banyak sekali jenisnya seperti Oddo, Dolibarr, Metafresh, Apache OFBiz, serta tryton. Walaupun sifatnya yang terbuka dan mudah diimplementasikan tentunya terdapat software ERP yang lebih profesional yaitu sistem ERP berbasis cloud.

Jika Anda tertarik menggunakan sistem ERP berbasis cloud yang dapat mengefisiensikan proses kerja Anda dapat mencoba sistem ERP yang dikembangkan oleh Evetech Solution. Kami mengembangkan sistem ERP yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda seperti fitur dan terintegrasinya dengan sistem lainnya.

Tertarik menggunakan sistem ERP ini? Yuk hubungi kami dan coba fitur demonya sekarang juga.

You May also like

Let's Create Together!

Ready to boost your digital presence? Contact us to discuss how
Evetech Solution turns your ideas into captivating visual realities that drive results.