5 Keuntungan Dengan Menggunakan Sistem Management Gudang

September 6, 2024

sample
Share Article

Bagi Anda para pebisnis tentunya tidak asing lagi dengan gudang?. Terlebih, gudang adalah tempat yang wajib untuk menyimpan stok hasil produksi. Dengan adanya gudang maka akan sangat membantu untuk menyimpan barang sebelum didistribusikan ke tujuan akhir, baik itu pelanggan, distributor, atau bahkan resseller.

Namun sering kali, Anda kesulitan untuk mengurus stock di gudang dengan cara manual. Hal itu akan menjadi sangat capek, maka untuk mempermudahnya Anda mengunakan sistem manajemen gudang atau yang bisa dikenal warehouse management system (WMS).

Lalu, pastinya Anda akan bertanya-tanya memang apa itu sistem manajamen gudang? Agar dapat menjawab pertanyaan tersebut, Evetech melalui artikel ini akan membahas tentang sistem manajemen gudang beserta keuntungannya. Yuk simak selengkapnya

Pengertian Sistem Manajemen Gudang

Sistem Gudang

Sistem manajemen gudang

Sistem manajemen gudang (warehouse management system) adalah sebuah software yang dikhususkan untuk memudahkan dalam proses pengelolaan gudang. Biasanya sistem ini digunakan untuk menulis keluar masuknya barang, baik dari gudang maupun keluar gudang.

Terdapat artikel dari Forbes yang mendefinisikan WMS ini diciptakan untuk mengefisiensikan proses kerja gudang mulai dari pelacakan, penyimpanan, pengemasan, hingga pengiriman.

Dengan adanya sistem management gudang ini maka pebisnis akan dengan mudah memantau dan mengkontrol operasional yang ada digudang. Terlebih lagi, jika anda mengunakan WMS ini maka semuanya dapat terkontrol dengan 1 sistem saja.

5 Keuntungan dengan Menggunakan Sistem Manajemen Gudang

Penggunaan sistem manajemen gudang ini ternyata sangat membantu dalam mengelola aktivitas pergudangan seperti mengkontrol hingga melacak barang masuk dan keluar. Tak hanya itu, ternyata dengan mengunakan sistem management gudang ini Anda dapat mendapatkan keuntungan lain yaitu:

1. Mengontrol Inventory Barang

Salah satu keuntungan yang diperoleh dari pengunaan WMS ini adalah pebisnis akan mudah mengkontrol inventory barang. Hal ini, karena seringkali pemilik bisnis kehabisan stock di gudang, terutama jika penjualan sedang meningkat.

Solusinya agar tidak terjadi hal yang demikian, Anda dapat mengunakan sistem manajemen gudang untuk dapat mengelola persedian barang di gudang. Tak hanya itu, dengan adanya sistem ini maka Anda juga diberikan rekomendasi waktu yang tepat untuk melakukan restock barang. Sehingga nantinya Anda dapat meminimalisir stok barang dan mengatur stock tersebut agar sesuai dengan kapasitas dari gudang.

2. Melacak Barang yang Keluar dan Masuk

Keuntungan yang selanjutnya yaitu dapat membantu Anda dalam melacak barang masuk dan keluar. Terlebih, biasanya jika Anda telah memilik penjualan meningkat sering kali Anda akan kesulitan dalam melacak barang yang keluar masuk dari gudang.

Supaya data yang Anda miliki, sangatlah perlu mengunakan sistem yang terintergrasi seperti penggunaan WMS. Tujuan dari pengunaan sistem tersebut, agar mempermudah Anda dalam mendata setiap barang dan barang tersebut keluar. Tak hanya itu saja, dengan adanya sistem terintegrasi ini ada juga dapat mencatat secara detail seperti dimana letak dari barang tersebut.

3. Memisahkan Barang Baru dan Barang Lama

Selanjutnya pengunaan sistem manajemen gudang ini dapat membantu untuk memisahkan barang baru dan barang lama. Karena dengan adanya pencatatan yang terintergrasi, pembisnis dengan mudah melihat apa saja yang baru masuk kegudang. Sehingga nantinya, dapat membantu Anda untuk membuat strategi yang optimal untuk menghabiskan barang lama. Jika seandainya Anda telah memesan untuk restock dengan barang baru.

4. Melakukan Penyesuaian Stock

Dengan adanya sistem manajemen gudang ini maka dapat memberikan kemudahan untuk penyesuaian stock. Hal itu biasaya terjadi karna adanya barang hilang, rusak, atau bahkan barang kadaluarsa.

Sehingga nantinya, melalui fitur yang ada pada Warehouse Management System (WMS) akan memberitahu kondisi yang sesuai dengan stock barang digudang sekaligus disistem. Jadi nantinya saat Anda melakukan stock opname, Anda dapat mudah mencocokannya dengan data yang telah terinput pada sistem sebelumnya.

5. Menata Barang Lebih Optimal

Hal terpenting dengan mengunakan sistem manajemen gudang ini, pebisniskan mudah untuk menata barang berdasarkan layout gudang yang telah dibuat sebelumnya. Sehingga nantinya, jika Anda melakukan pencarian barang di gudang Anda dapat melihat lokasi yang terdapat pada sistem. Dari hal tersebutlah yang akan membuat proses peencarian lebih cepat. Tak hanya itu saja, dengan menata barang dan mencatatnya pada sistem WMS ini Anda dapat mengurutkan produk seperti karakteristik hinggu masa kadaluarsanya.

Jadi Warehouse Management System (WMS) atau yang memiliki arti sistem manajement gudang adalah salah satu sistem yang memberikan kemudahan untuk mengelola proses kerja yang ada digudang, seperti keluar masuknya barang.

Tak hanya itu, ternyata dengan mengunakan sistem ini akan membantu melacak, mengkontrol, memisahkan, hingga membuat penyesuaian antara stock dengan sistem. Terutama jika barang saat dilakukan stock opname berbeda maka pebisnis akan lebih mudah mencari tahu dan menemukan solusi terbaik.

PT Serafix Jaya Agung Perdana

Sistem Manajemen Gudang PT Serafix Jaya Agung Perdana

Dalam mendukung pengelolaan sistem manajemen gudang yang baik. Evetech Solution memberikan solusi dalam pengelolaan sistem gudang dengan memadukan teknologi informasi. Melalui teknologi tersebut, kami telah dipercaya untuk mengembangkan sistem manajement gudang dari beberapa industri bisnis seperti PT Serafix Jaya Agung Perdana, Ribka Furniture, dan PT Manunggal Adipura.

Selain menghadirkan sistem manajement gudang. Evetech Solution sebagai software house terbaik dikota Solo hadir untuk memberikan Jasa IT support dan software development yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda.

Ingin mengetahui informasi selengkapnya, yuk hubungi kami sekarang juga.

You May also like

Let's Create Together!

Ready to boost your digital presence? Contact us to discuss how
Evetech Solution turns your ideas into captivating visual realities that drive results.